Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UPI 2023: Penyuluhan Mengenai Kenakalan Remaja di SDN 1 Plumbon dan SDN 2 Plumbon

Diperbarui: 28 Agustus 2023   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melakukan survei (dokumen pribadi)

Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut dengan KKN merupakan program yang rutin dijalankan oleh setiap universitas. KKN merupakan bentuk kerja nyata pada lingkungan masyarakat dan mampu mengantarkan mahasiswa menjadi individu yang lengkap, baik dalam memanfaatkan keilmuan, kemampuan menganalisis kondisi masyarakat, serta memberikan solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial, politik, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan KKN Tematik Membangun Eksistensi Desa Berbasis SDG’s pada semester genap tahun akademik 2022/2023. 

Para mahasiswa KKN Tematik UPI Kelompok Desa Plumbon, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon. Melakukan survei ke SDN 1 Plumbon pada hari Jumat (4/8/2023) dan SDN 2 Plumbon pada hari Rabu (9/8/2023) dengan tujuan memberi informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan di SDN 1 Plumbon dan SDN 2 Plumbon. Para guru sangat menyambut mahasiswa KKN dengan baik. 

Mahasiswa KKN Tematik UPI Kelompok Desa Plumbon melaksanakan program kerja Penyuluhan Mengenai Kenakalan Remaja pada hari Senin (7/8/2023) di SDN 1 Plumbon dan pada hari Jumat (11/8/2023) di SDN 2 Plumbon. Penyuluhan ini mengacu pada tema SDG’s yaitu pendidikan. Sasaran penyuluhan dilakukan kepada siswa kelas 6. 

Kegiatan Penyuluhan SDN 1 Plumbon (dokumen pribadi)

Tujuan dilaksanakannya kegiatan penyuluhan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para siswa mengenai kenakalan remaja agar para siswa dapat memahami dan terhindar dari kenakalan remaja. Kegiatan hari senin diawali dengan mahasiswa KKN yang mengikuti kegiatan upacara bendera di SDN 1 Plumbon. Kemudian kegiatan penyuluhan diawali dengan perkenalan oleh mahasiswa KKN kepada para siswa. Selanjutnya menjelaskan materi mengenai kenakalan remaja, macam - macam kenakalan remaja, dampak dari masing - masing kenakalan remaja, serta pencegahan kenakalan remaja. Macam - macam kenakalan remaja yang dipaparkan yaitu bullying, tawuran, dan bahaya merokok. Diakhir pematerian terdapat sesi tanya jawab dan pemberian hadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan. Selesai kegiatan penyuluhan dilakukan dokumentasi bersama para siswa. 

Kegiatan Penyuluhan SDN 2 Plumbon (dokumen pribadi)

Kegiatan Penyuluhan disambut dengan antusias oleh para siswa dan mereka sangat senang melakukan kegiatan ini, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang bertanya serta menjawab pertanyaan. Kepala Sekolah serta walikelas meyambut mahasiswa KKN dengan antusias dan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline