Lihat ke Halaman Asli

Veny Feriani

Mahasiswa

Teori Perkembangan Sosial: Kontribusi Lev Vygotsky Jean Piaget

Diperbarui: 16 Oktober 2024   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori Perkembangan Sosial: Kontribusi Lev Vygotsky dan Jean Piaget

Pendahuluan

Teori perkembangan sosial adalah salah satu bidang studi yang paling penting dalam psikologi. Dua tokoh yang paling berpengaruh dalam teori ini adalah Lev Vygotsky dan Jean Piaget. Keduanya memiliki pandangan yang berbeda tentang bagaimana anak-anak berkembang dan belajar. Dalam esai ini, kita akan membahas teori perkembangan sosial yang dikemukakan oleh Vygotsky dan Piaget, serta perbedaan dan kesamaan antara keduanya.

Teori Perkembangan Sosial Lev Vygotsky

Lev Vygotsky adalah seorang psikolog Rusia yang lahir pada tahun 1896 dan meninggal pada tahun 1934. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam teori perkembangan sosial. Menurut Vygotsky, perkembangan sosial anak-anak terjadi melalui interaksi dengan orang lain, terutama orang dewasa. Ia percaya bahwa anak-anak belajar dan berkembang melalui proses yang disebut "zona perkembangan proksimal" (ZPD).

ZPD adalah zona di mana anak-anak dapat belajar dan berkembang dengan bantuan orang lain. Vygotsky percaya bahwa anak-anak memiliki kemampuan untuk belajar dan berkembang yang lebih tinggi daripada yang mereka tunjukkan sendiri. Dengan bantuan orang lain, anak-anak dapat mencapai kemampuan yang lebih tinggi dan berkembang menjadi individu yang lebih matang.

Teori Perkembangan Sosial Jean Piaget

Jean Piaget adalah seorang psikolog Swiss yang lahir pada tahun 1896 dan meninggal pada tahun 1980. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam teori perkembangan kognitif. Menurut Piaget, perkembangan sosial anak-anak terjadi melalui proses yang disebut "skema" dan "adaptasi".

Piaget percaya bahwa anak-anak memiliki skema yang merupakan struktur mental yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasikan dunia sekitar. Skema ini dapat berubah dan berkembang melalui proses adaptasi, yaitu proses di mana anak-anak menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Perbedaan dan Kesamaan

Perbedaan utama antara teori Vygotsky dan Piaget adalah bahwa Vygotsky percaya bahwa perkembangan sosial anak-anak terjadi melalui interaksi dengan orang lain, sedangkan Piaget percaya bahwa perkembangan sosial anak-anak terjadi melalui proses skema dan adaptasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline