Ini adalah sekelumit kisah tentang Ayla Berau. Sebuah UMKM di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebuah usaha mikro industri rumahan yang berhasil memanfaatkan internet berkualitas dari IndiHome dalam pengembangan usaha mikro mereka.
Kita semua tahu bahwa usaha mikro dan kecil memiliki masalah klasik antara lain: pemasaran yang tidak maksimal dan kualitas SDM . Banyak dari pelaku usaha mikro yang menyerah dengan keterbatasan jangkauan pemasaran misalnya. Bagi mereka yang penting asal bisa untung walau sedikit tidak jadi soal.
Mendirikan sebuah usaha bukan hal yang sulit asal memiliki modal. Tetapi apakah usaha tersebut bisa maju dan berkembang? Bukan usaha yang sekedar survive semata? Sebuah usaha yang berkelanjutan dimana pada akhirnya mampu memberikan multiplier effect.
Sebuah tekad yang telah dipikirkan oleh pasangan suami istri Nursiswanto dan Eka Supriatin ketika mendirikan UMKM Ayla Berau pada 8 Mei 2018 silam. Ayla Berau merupakan industri rumahan yang bergerak di bidang pengolahan pangan. Keduanya melihat ada potensi ketersediaan bahan baku serta pasar yang masih potensial di Kabupaten Berau dan sekitarnya. Selain itu Ayla Berau ingin dapat meningkatkan taraf ekonomi petani lokal dan memberdayakan masyarakat di lingkungan mereka tinggal.
Produk pertama Ayla Berau adalah Madu Mongso yaitu makanan khas Kalimantan. Seiring perjalanan waktu Ayla Berau melakukan diversifikasi produk olahan pangan lain seperti: merica bubuk, ketumbar kubuk, bawang goreng, dodol jahe, dan aneka kue kering lainnya. Bahkan saat ini Ayla Berau sudah merambah bisnis kopi bubuk dan bumbu pecel.
Semua produk Ayla Berau mendapat respon positif termasuk dari luar daerah. Bahkan menjelang lebaran jumlah pesanan melonjak. Nursiswanto mengakui bahwa mereka menjaga kualitas dengan sertifikasi UMKM dan sertifikasi keamanan pangan dari pihak terkait. Itu dilakukan untuk terus menjaga kepercayaan konsumen serta modal agar bisa bersaing dengan produk-produk sejenis lainya.
Mereka sadar bahwa jika ingin mewujudkan cita-cita tersebut maka pengelolaan Ayla Berau harus bekerja keras dan meninggalkan cara-cara konvensional. Ayla Berau harus mampu bersaing sekaligus memperluas jangkauan pasar. Produk Ayla Berau juga harus mampu melakukan penetrasi di lebih banyak pasar.