Lihat ke Halaman Asli

Beberapa Cara untuk Mengatasi Sifat Pemalu

Diperbarui: 2 Juni 2017   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Seseorang yang memiliki rasa malu adalah seseorang yang kurang memiliki kepercayaan diri terhadap dirinya sendiri. Kerap kali perasaan malu bisa menghambat proses sosialisasi antar sesama. Perasaan malu kerap kali disamakan dengan introvert. Padahal itu merupakan dua hal yang berbeda.  Seseorang yang pemalu itu bukannya tidak mau berada di dalam kelompok atau keramaian. 

Hanya saja mereka merasa tidak nyaman dan gelisah meski dapat melakukan interaksi social dengan baik. Sedangkan introvert adalah orang – orang yang lebih senang dengan kondisi tenang atau sepi. Tapi bukan berarti mereka pemalu. Mereka memang lebih menyayangi diri sendiri. Seorang yang introvert menganggap berada dalam suatu kelompok atau keramaian itu merupakan suatu hal yang membuang – buang waktu dan tenaga, tapi melakukan kegiatan kelompok bukanlah masalah bagi mereka.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa malu:

1. Coba Untuk Tidak Memikirkan Apa Yang Orang Lain Pikirkan

Sebelum melakukan sesuatu pasti beberapa diantara kita selalu memikirkan apa respon yang akan diberikan orang lain terhadap kita. Diantara respon tersebut pasti ada respon positif dan respon negatif, pro dan kontra. Sehingga menuntut kita untuk selalu melakukan sesuatu dengan sempurna. Jika kita melakukan kesalahan, maka kita akan takut untuk menerima respon negative, sehingga kita kurang leluasa untuk melakukan apa yang kita inginkan.

2. Fokuslah Terhadap Orang Lain

Fokus yang dimaksud disini adalah ketika anda sedang ngumpul bersama teman anda atau berada dalam suatu kelompok maka cobalah untuk fokus terhadap apa yang mereka bicarakan. Kebanyakan orang yang berada dalam suatu kelompok, mereka sibuk dalam pikirannya masing – masing atau sibuk menggunakan smartphonenya sehingga tidak menyimak topik apa yang sedang dibicarakan oleh teman – temannya. Maka dari itu simaklah pembicaraan yang ada dalam kelompok tersebut sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri sedikit-demi-sedikit.

3. Perluas Pergaulan 

Semakin banyak teman semakin mudah kita untuk bersosialisasi. Dengan memiliki banyak teman maka kita akan mengetahui bahwa semua manusia itu memiliki karakteristik yang berbeda, maka kita tidak akan terlalu memikirkan respon buruk apa yang akan diberikan kepada kita. Memiliki banyak teman juga akan membuat kita memiliki rasa percaya diri. 

4. Cobalah untuk tidak melarikan diri dari situasi yang membuat anda tidak nyaman 

Jika selama ini anda selalu menyingkir begitu bertemu sesuatu yang tidak menyenangkan, cobalah untuk sesekali menghadapinya. Anda mungkin akan terkejut ketika menyadari bahwa menghadapi permasalahan ternyata jauh lebih mudah dan efisien daripada mencoba terus berlari darinya. Selain bisa membuat anda merasa lebih lega, metode ini juga terbukti membuat anda lebih berani. Ketika rasa berani dalam tubuh mulai tumbuh, keberanian tersebut perlahan-lahan akan mengikis rasa malu yang selama ini mendominasi dan mengekang potensi anda yang sesungguhnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline