Lihat ke Halaman Asli

Beda Sewa Villa "Abal-abal" dengan yang Asli

Diperbarui: 21 November 2017   02:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Cara paling aman untuk mendapat akomodasi berupa villa yaitu melalui operator tur sebagai bagian dari paket liburan. Ini karena operator akan bertanggung jawab atas pemesanan dan menjamin kalau Anda tak akan kehilangan uang.

Memang, memesan langsung ke pemiliknya, bisa jadi lebih murah, tapi ada risiko penipuan yang lebih besar, dan akan lebih sulit untuk mendapat uang kembali jika ada masalah. Para wisatawan memang sangat rentan tertipu saat memesan villa, dan masalahnya mereka baru sadar saat sudah memesan.

Asli atau paslu

Terlalu mudah bagi penipu untuk mencantumkan properti yang tidak mereka miliki di situs penyewaan villa, melakukan pemesanan, dan menghilang dengan uang begitu saja. Berbicaralah kepada pemilik di telepon lewat nomor yang disediakan.

Perhatikan bahwa, telepon rumah lebih aman daripada telepon seluler. Juga, minta rincian tentang properti dan lingkungan sekitar. Dari sini Anda bisa mengukur seberapa tahu dan bisa dipercaya mereka tampaknya.

Minta alamat pos mereka juga, karena tidak bijaksana jika Anda membayar sejumlah uang tanpa tahu alamatnya. Periksa rincian untuk mengetahui apa ada informasi lanjut tentang pemiliknya, atau catatan keluhan tentangnya.

Jika ada sesuatu yang menarik, deskripsi properti, atau pemilik yang tidak Anda sukai, atau harganya nampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, jangan memesan. Masih ada banyak villa lain di luar sana.

Pembayaran

Jangan pernah mengirim uang tanpa menerima kontrak tertulis. Berhati-hatilah dengan uang jaminan, dan pastikan bahwa syarat pengembalian dana sudah jelas, dan jumlahnya proporsional. 10 persen dari harga sewa mungkin masuk akal, lebih dari 25 persen jelas terlalu banyak.

Beberapa situs menawarkan pilihan asuransi untuk kerugian, dan itu masih lebih baik daripada harus membayar uang jaminan. Saat membayar deposit dan saldo, selalu hindari transfer uang dengan kabel seperti Western Union karena tak bisa dilacak.

Pembayaran via kartu kredit dan transaksi online dinilai lebih aman. PayPal bisa memberi beberapa perlindungan, dan penerbit kartu bertanggung jawab atas kecurangan tersebut. Beberapa situs penyewaan punya skema perlindungan untuk pelanggan jika terjadi kecurangan. Tapi akan lebih baik jika Anda mau memastikan pada pelayanan konsumen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline