Lihat ke Halaman Asli

Wahai Para Pencari Apartemen, Yuk Pahami Ini Dulu!

Diperbarui: 12 November 2017   03:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ketika Anda mengisi aplikasi sewa apartemen, pemilik apartemen kemungkinan besar akan melakukan pemeriksaan kredit untuk melihat riwayat keuangan. Ini karena laporan kredit dan nilai kredit bisa memberi tahu pemilik betapa handalnya Anda untuk membayar tagihan tiap bulan.

Baik pemilik dan penyewa, bisa mendapat keuntungan dari sewa. Kesepakatan bisa terjadi saat Anda setuju dengan syarat yang diajukan. Kesepakatan bisa bersifat lisan atau tulisan, tapi dokumen tertulis adalah cara terbaik untuk memastikan semua memahami hak dan kewajiban.

Ini berarti, setelah permohonan disetujui, Anda harus membayar uang sewa pertama dan kadang uang jaminan. Anda bisa mendapat uang jaminan kembali saat sewa berakhir, dengan asumsi Anda memenuhi semua persyaratan dalam sewa dan tidak merusak apartemen.

Dapatkan asuransi penyewa

Jangan berpikir bahwa Anda tidak memerlukan asuransi hanya karena Anda seorang penyewa. Jika bencana alam atau kebakaran menghancurkan apartemen, asuransi pemilik rumah tidak mencakup barang pribadi Anda.

Carilah asuransi penyewa dari agen asuransi lokal manapun. Premi bulanannya relatif murah, dan penting jika Anda tak ingin rugi apapun. Asuransi ini mencakup barang-barang pribadi dari kehilangan dan kerusakan. Kadang, asuransi juga mencakup biaya pindah apartemen.

Evaluasi lingkungan sekitar

Anda harus memilih lingkungan yang nyaman dan aman. Beberapa penyewa pertama kali membuat keputusan terburu-buru, dan menandatangani kontrak tanpa memeriksa lingkungan sekitar. Jangan terburu-buru dalam proses persewaan. Sebelum membayar uang muka, kunjungi lokasi pada waktu berbeda dalam beberapa hari.

Anda bisa datang di malam hari dan di akhir pekan ketika sebagian besar orang ada di rumah. Apakah lingkungannya sepi, apakah Anda merasa aman. Dan jika mungkin, bicaralah dengan beberapa orang di sekitar dan tanyakan pendapat mereka tentang lingkungan sekitar.

Periksa hunian

Begitu Anda memutuskan akan menyewa apartemen, mintalah pada pemilik hunian untuk melakukan sedikit inspeksi sebelum menandatangani kontrak sewa. Beberapa pemilik hunian akan mengijinkan untuk menguji kran, air panas, kamar mandi, toilet, dan perlengkapan lampu. Jika listrik menyala, pastikan peralatannya bekerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline