Lihat ke Halaman Asli

Venni Wulansari

Mahasiswa aktif Psikologi Univeristas Negeri Makassar

Mahasiswa BKP Psikologi UNM Terlibat Dalam Proses Assessment Bosowa Property Group

Diperbarui: 30 Juni 2024   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pelaksanaan Proses Assessment Bosowa Property Group

     Tim Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Magang Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama dengan Recr & People Dev Bosowa Property Goup telah mengadakan assessment Bosowa Property Group dilaksanakan tiga sesi di Menara Bosowa dengan peserta 8 orang. Sesi pertama di tanggal 23/04/2024, sesi kedua di tanggal 30/04/2024, dan sesi ketiga di tanggal 20/04/2024.

    Assessment dalam perusahaan adalah proses evaluasi yang digunakan untuk menilai kinerja, kemampuan, dan potensi karyawan. Proses ini dapat melibatkan berbagai metode, termasuk wawancara, tes psikometrik, penilaian keterampilan, dan penilaian kinerja. Dalam pengembangan karyawan, assessment membantu dalam merancang program pelatihan dan pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan individu dan perusahaan.

     Ainun Nida Rifqi., Rerc & People Dev, Menyatakan " Tujuan dan manfaat assesment untuk mengetahui kompetensi karyawan apakah sudah sesuai dengan posisi atau jabatan saat ini dan metode yang digunakan adalah interview, psikotes dan penilaian kinerja 2 tahun terakhir. Adapun alat test yang digunakan yaitu CFIT, EPPS, DISC, Fluid Inteligence Test, PAPI Kostick. Sesi pertama terdapat 3 orang, sesi kedua 2 orang, sesi ke tiga 3 orang. Sehingga jumlah Peserta Assessment yaitu 8 Peserta karyawan Bosowa Property Group.

    Saya bersama dengan tim saya diberikan tanggung jawab untuk melakukan administrasi alat test psikologi, dan melakukan observasi selama proses assessment. Selain itu, kami juga bertanggung jawab untuk dalam melakukan scoring hasil tes psikologi. Sehingga saya dan rekan saya merasakan secara langsung proses pelaksanaan assessment yang dapat menjadi bekal kami kedepannya untuk menghadapi dunia kerja.

   Sebagai penutup, Venni Wulansari dan Hilda Haerany Arsyad selaku mahasiswa magang yang berkontribusi dalam proses assessment, berharap dengan kegiatan assessment dapat menjadi gambaran dalam dunia karir nanti.

Hilda menambahkan, bahwa proses assessment yang diikuti mulai dari pemberian psikotes hingga ketahap akhir merupakan salah satu pengalaman yang sangat penting dan berharga terutama saat pemberian psikotest dan scoring. Wulan juga menyatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai wadah pembelajaran yang memberi pengalaman bagi saya pribadi untuk lebih memahami proses assessment.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline