Lihat ke Halaman Asli

Struktur and Fungsionalisme

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Struktur dan fungsioanalisme menurut struktur fungsionalisme tersebut bahwasanya masyarakat adalah suatu sistem yang emmepunyai struktur yang terdiri dari banyaknya lembaga-lembaga, dimana disetiap lembaga mempunyai fungsi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Pemikiran struktur fungsionalsangat dipengaruhi oleh pemikiran biologis yang terdiri dari organ-organ yang saling berketergantungan satu sama lain, ketergantungan tersebut agar organisme dapat bertahan hidup.

Fungsionalisme dapat juga dibagi menjadi 2 macam yaitu : ada yang kuat dan ada yang lemah.

1.Yangdimaksud dengan lemahbahwasanya fungsionalisme adalah pendekatan yang berusaha menyatukan masyarakat secara keseluruhan.

2.Yang dimaksud dengan kuat bahwasannya fungsionalisme adalah pendekatan yang berdasarkan analogi masyarakat dengan organisme untuk menjelaskan struktur masyarakat berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Teori struktural fungsional Emile Durkeheim fakta sosial menurutnya adalah seluruh cara bertindak yang umum yang dipakai di suatu masyarakat dan pada saat yang sama keadaannya terlepas dari manifestasi-manifestasi individu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline