Lihat ke Halaman Asli

Venna Rahmalia Az Zahra

UPN "Veteran" Jawa Timur

Kelompok 24 KKN-T MBKM UPN Veteran Jawa Timur Siap Mengembangkan Potensi UMKM Kelurahan Kutisari

Diperbarui: 28 Maret 2022   07:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sejumlah mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur kelompok 24 program Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-T MBKM) melakukan kunjungan survei ke Kelurahan Kutisari, Surabaya. Survei tersebut dilaksanakan guna mengoptimalkan program kerja KKN dengan fokus pada bidang pengembangan ekonomi kreatif di wilayah Kelurahan Kutisari tersebut.

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung bersama dengan masyarakat. 

Kegiatan Membangun Desa/KKNT diharapkan dapat mengasah kerja sama tim lintas dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan daerah  dengan tetap menaati protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.

Pada dasarnya, ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor perekonomian yang mengedepankan ide dan pengetahuan yang berlandaskan kreativitas dari diri manusia yang berperan sebagai faktor produksi utamanya. Saat ini, ekonomi kreatif mempunyai peranan penting dalam menunjang perekonomian Indonesia terkhusus pada UMKM yang ada di Kelurahan Kutisari. 

Dalam kelurahan tersebut banyak berbagai UMKM yang perlu dikembangkan dalam hal pemasaran maupun branding produk. Melalui kegiatan KKN ini Kelompok 24 di Kelurahan Kutisari mencoba untuk melakukan survei kegiatan dengan mendatangi setiap UMKM yang berada di Kelurahan Kutisari tersebut. 

Kutisari merupakan salah satu kelurahan di Surabaya yang memiliki beragam sektor UMKM. Ada lebih dari 100 UMKM yang terdaftar pada Kelurahan Kutisari. Berbagai sektor atau bidang UMKM juga beragam di sana mulai dari sektor makanan dan minuman, kerajinan, pakaian dan sektor lainnya. 

UMKM pada Kelurahan Kutisari merupakan sektor yang sangat penting dan berperan dalam memajukan perekonomian di Indonesia. Mengingat UMKM merupakan sektor yang sangat penting maka hal tersebut sudah selayaknya kita kembangkan agar dapat membantu menopang perekonomian warga sekitar yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat kedepannya. 

Survei pertama dilakukan pada UMKM "Widaran Mawar" yang memproduksi kue gabus skala rumahan. Ada dua jenis produk yang ditawarkan yakni kue gabus manis dengan gula dan kue gabus asin dengan keju. 

Pemilik UMKM mengatakan bahwa kue diproduksi oleh tiga tenaga kerja, termasuk dirinya, yang dimulai sejak pukul tujuh pagi hingga sebelas siang setiap hari senin sampai sabtu. 

Pemasaran produk sendiri dilakukan secara tradisional melalui penitipan pada depot dan warung, juga secara digital melalui marketplace terkait. Sayangnya, pemasaran melalui digital belum terlalu bisa dimanfaatkan dan tidak menarik banyak konsumen sehingga masih membutuhkan pengembangan lanjutan. 

Survei ketiga dilakukan pada UMKM "Rima Rajut" yang memproduksi barang kebutuhan rumah tangga dari hasil rajutan. Barang hasil rajutan diproduksi secara manual. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline