Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam IPS di Sekolah Dasar

Diperbarui: 3 Juli 2024   01:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif dalam IPS terpadu di SD. Pembelajaran kooperatif dilakukan dengan cara siswa membentuk kelompok kecil sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan interaktif. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran kooperatif terdiri dari beberapa tipe pembelajaran yang memiliki ciri dan karakteristik masing-masing diantaranya adalah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share, Picture and Picture, STAD, Two Stay Two Stray, Number Head Together, Group Investigations, dan masih banyak model pembelajaran lainnya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  kajian kepustakaan, yakni seluruh bahan bacaan yang mungkin pernah dibaca dan dianalisis, baik yang sudah dipublikasikan maupun sebagai koleksi pribadi, kajian pustaka sering dikaitkan dengan kerangka atau landasan teori, yakni teori-teori yang digunakan untuk menganalisis objek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan  hasil pembelajaran pada pembelajaran IPS dengan pembelajaran kooperatif secara keseluruhan sangat baik. Namun demikian, perbaikan masih diperlukan untuk meningkatkan capaian outcome pembelajaran dan efektifitas penerapan model pembelajaran kolaboratif, khususnya dalam pembelajaran IPS.

Kata kunci : Kooperatif, Pembelajaran

Berikut di bawah ini ada link full artikel yang dapat teman-teman akses :

https://drive.google.com/file/d/1uKlJsqLoyWOS4nTbDitI0cAVOYuFHGX_/view?usp=sharing




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline