Lihat ke Halaman Asli

Cara Menulis Editorial

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Editorial adalah pikiran sebuah institusi yang diuji di depan sidang pendapat umum editorial juga adalah penyajian fakta dan opini yang menafsirkan berita yang penting dan mempengaruhi pendapat umum, penulis editorial membangun argumen dan mencoba membujuk pembaca untuk berpikir dengan cara yang sama mereka lakukan. Editorial dimaksudkan untuk mempengaruhi opini publik, bersikap dan berpikir kritisdan kadang-kadang menyebabkan orang untuk mengambil tindakan terhadap sebuah masalah. Lalu juga ada yang mendefinisikan editorial adalah suara koran Suara ini dapat menginformasikan pembaca, merangsang pemikiran, pendapat dan sesekali menggerakkan orang untuk bertindak.

Dalam menulis editorial sebaiknya kita harus mengujigagasan dan memeriksanya lagi saat membaca naskah yang ditulis dalam menulis sebuah editorial lebih baik yang kita lakukan adalahpilihlah topik yang menarik pembaca saat ini atau isu-isu terbaru, kumpulkan informasi dan fakta, menayakan pendapat kepada masyarakat, jelaskan masalah secara objektfsebagai reporter akan dan katakan mengapa situasi ini adalah penting,berikan pandangan pertama dengan kutipan dan fakta, menyanggah (menolak) sisi lain dan mengembangkan kasus dengan menggunakan fakta, detail, gambar, kutipan. Mengakui titik oposisi harus memiliki beberapa poin yang baik. Ulangi frasa kunci untuk memperkuat ide ke dalam pikiran pembaca. Berikan solusi yang realistik untuk masalah yang melampaui pengetahuan umum. Mendorong pemikiran kritis dan pro-aktif reaksi. Memilih selain logika sisi lain berikan fakta lainnya, berikan solusi dari masalah yang sedang di bahas,penutup yang menyatakan kembali ucapan pembuka . Tidak menggunakan kata saya.

Syarat kunci dalam editorial adalah dilarang menyalin sebagian atau Op-ed halaman, pembaca harus menemukan ide-ide tentang hal-hal yang dilaporkan di tempat lain atau di koran lain, editorial adalah suatu artikel yang menyatakan ide-ide atau masalah-masalah dalam surat kabar Ide-ideyang di maksaud ini disajikan sebagai opini,editorial muncul pada halaman editorial surat kabar itu, halaman yang meliputi editorial adalah kolom, artikel opini, review dan kartun. Jika kertas berisi lebih dari satu halaman opini, yang lain disebut op-ed halaman.
Hal penting lainnya yang muncul pada halaman editorial surat kabar itu adalah kepala surat, yang mencakup pernyataan memberikan rincian publikasi editor, fotografer dan anggota staf kunci, sinopsis koran editorial kebijakan. Kebijakan editorial umumnya akan mengatakan yang menentukan konten, jika surat
diterima oleh editor, jika iklan diterima, bagaimana kesalahan akan diperbaiki antara informasi penting lainnya.

Ada empat tujuan dari penulisan editorial dalam penulisan editorian menurut William Pinkerton dari Harvard University.Pertama, menjelaskan berita dalam berupa kejadian penting kepada pembaca dalam hal ini editorial berfungsi sebagai guru, menerangkan bagaimana suatu kejadian berlangsung. Kedua, menjelaskan latar belakang untuk memperlihatkan kelanjutan suatu peristiwa penting, editorial dapat menggambarkan kejadian tersebut dengan latar belakang sejarah, yaitu dengan menghubungkan dengan sesuatu yang terjadi sebelumnya. Ketiga, meramalkan suatu editorial kadang-kadang menyajikan analisi yang melewati batas berbagai peristiwa sekarang dengan tujuan meramalkan sesuatu yang akan terjadi di masa datang, keempat, menyampaikan pertimbangan moral, para editorial bertugas mempertahankan kata hati masyarakat. Mereka diharapkan memperthankan isu-isu moral dengan mempertahankan posisi mereka .

Akan tetapi dilihat dari prespektif berbeda tujuan editorial di bagi dalam tiga katagori yakni menjelaskan,meyakinkan dan menilai. Dalam penjelasan, penekanan bukan pada pengalaman atau penilaian seseorang, melainkan pada penyajian fakta dan gagasan yang objektif dan tanpa prasangka,kedua, dalam meyakinkan pembaca metode-metode persuasif dibagi dalam tiga klasifikasi umum,yaitu penalaran deduktif, penalaran induktif, dan kombinasi keduanya, lalu yang ketiga adalah menilai peristiwa selain menjelaskan dan meyakinkan, editorial bisa juga memulai peristiwa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline