Lihat ke Halaman Asli

Syahrini dan Warga Gunung Kidul

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ironis sekali memang melihat warga Giri Purwo Gunung Kidul yang menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk memperoleh air sementara sebahagian dari kita justru kurang menghargai air dengan membuang-buangnya. Sering kali kita tidak bersyukur terhadap nikmat yang kita peroleh dan biasanya kita baru sadar bahwa apa yang kita dapat selama ini adalah nikmat luar biasa yang diberikan Sang Pemilik Kehidupan setelah kita kehilangan ‘sesuatu’ tersebut. Warga Giri Purwo lebih menyadari nikmat air dibanding kita karena kesulitan mereka dalam memperolehnya. Semoga kehidupan menuntun kita menjadi orang-orang yang pandai bersyukur tanpa kita harus mengalami seperti apa yang dialami oleh warga Gunung Kidul.

Untuk memperoleh air warga Giri Purwo Gunung Kidul harus berjalan melewati jalanan berbatu cadas dan menanjak sejauh 3 km. Para ibu rela berjalan sejauh itu untuk mengambil air di gua pego [salah satu sumber air diwilayah itu] sementara para bapak mencari nafkah ke kota. Puluhan tahun warga Gunung Kidul hidup dalam kekurangan air dan puluhan tahun kita hidup dalam kecukupan air. Sehingga amat pantas kita bersyukur seperti apa yang sering diceletukkan oleh Syahrini, Alhamdulillah Yah [diucapkan dengan lemah gemulai] kita bisa merasakan nikmatnya berkecukupan air.

Bantuan pemerintah akan air bersih yang dibutuhkan masih amat minim. Seorang ibu yang diwawancarai Trans 7 mengimbau kepada pemerintah dan para pejabat yang menghambur-hamburkan uang untuk mau memperhatikan dan peduli terhadap nasib mereka. Karena lahan yang kering membuat para warga tidak bisa bertanam padi sehingga mereka bertanam palawija. Dan makanan pokok mereka adalah tiwul yang diolah dari gaplek. Lagi-lagi kita harus bersyukur bisa menikmati nasi. Alhamdulillah Yah...sesuatu banget !!

Terima kasih

Salam mantap




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline