Lihat ke Halaman Asli

Distributor --> Jendela Informasi Principal

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_128249" align="alignleft" width="150" caption="Salah satu Distributor di Bogor : VM Collection"][/caption] Dalam memasarkan produk-produknya principal atau pabrikan mempunyai dua pilihan, pertama memasarkannya sendiri dengan membentuk tim atau menyerahkannya kepada distributor. Dalam industri consumer goods pilihan kedua ini kerap diambil oleh pihak principal. Distributor bisa digunakan sebagai sumber informasi bagi principal karena distributor merupakan alat terdekat dengan konsumen. Salesman, collector, delivery adalah karyawan distributor yang bisa menjadi telinga buat principal.

Mereka ini semua adalah sumber informasi berguna yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan principal. Informasi tentang produk baru, kegiatan promosi, harga dari kompetitor bisa didapat dari para salesman distributor, informasi tentang term of payment dan kecepatan pengiriman dari kompetitor bisa didapat dari para collector dan karyawan delivery. Ke semua informasi ini bisa diolah untuk memantapkan penjualan dan pelayanan produk kita terhadap konsumen.

[caption id="attachment_128247" align="alignleft" width="150" caption="Gudang salah satu Dist. di Tangerang : VM Collection"][/caption] Dalam hal ini supervisor principal harus aktif berkomunikasi dengan supervisor distributor. Diperlukan koordinasi yang baik agar bisa menghasilkan suatu kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dalam hal menggali informasi ini pihak principal yang harus lebih aktif. Principal harus menyiapkan satu format pertanyaan atau laporan kepada distributor agar memudahkan distributor dalam memberikan informasi yang diperlukan. Laporan bisa diberikan pada pertemuan mingguan, bulanan ataupun mengirimnya melalui fax dan email. Setelah menerima laporan distributor pihak principal juga perlu melakukan verifikasi terhadap ke akuratan informasi dan laporan tersebut. Karena tak jarang pihak distributor menggunakan data atau informasi lama. Dalam hal ini supervisor principal harus aktif memverifikasi berbagai data dan informasi yang diberikan distributor.

Distributor adalah jendela informasi principal. Distributor harus dimanfaatkan secara maksimal sebagai perpanjangan tangannya principal.

Terima kasih

Salam mantap

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline