Lihat ke Halaman Asli

Vella Felliana Mahardika

Agroindustrial Technology Undergraduate Student at Gadjah Mada University

Optimalkan Potensi UMKM Desa: Mahasiswa KKN-PPM UGM 2023 Selenggarakan Sosialisasi Pengemasan Vakum

Diperbarui: 27 Agustus 2023   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN-PPM UGM 2023 unit NB-007

Dalam upaya memperpanjang umur simpan dan menjaga mutu produk olahan pangan UMKM, mahasiswa KKN-PPM UGM 2023 unit NB-007, yang berlokasi di Desa Sugian, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pengemasan vakum.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2023, dengan sasaran dari kegiatannya adalah UMKM di Desa Sugian yakni Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangkit Bersama. UMKM ini bergerak untuk mengolah komoditas yang banyak dihasilkan di Desa Sugian menjadi produk makanan yang menarik dan bernilai jual tinggi.

Pemilik KWT Bangkit Bersama, Ibu Hadiyatun, menuturkan bahwa "Saat ini kami sudah memiliki beberapa produk seperti keripik pisang, olahan mete dengan varian rasa, dan mete kupas yang dapat diolah sendiri oleh konsumen."

Melihat adanya potensi besar yang dapat dikembangkan, salah satu mahasiswi KKN-PPM UGM 2023 unit NB-007, Vella Felliana Mahardika, Program Studi Teknologi Industri Pertanian, menginisiasi kegiatan sosialisasi terkait pengemasan vakum.

Dokumentasi KKN-PPM UGM 2023 unit NB-007

Pengemasan vakum adalah metode pengemasan yang dilakukan dengan cara mengeluarkan O2 dari kemasan sehingga kondisi hampa udara ini dapat mencegah masuknya mikroorganisme yang mempengaruhi umur simpan dan kualitas produk. Pengemasan vakum bermanfaat untuk menjaga keamanan dan cita rasa produk, memperpanjang umur simpan, dan kemasan ini menjadi nilai tambah dalam promosi.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan mulai dari pengenalan alat, cara penggunaan, dan manfaat yang didapatkan. Produk KWT Bangkit Bersama yang dapat dikemas menggunakan metode pengemasan vakum adalah mete olahan dan mete kupas. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika KWT Bangkit Bersama kelak membuat inovasi produk baru dan dapat dikemas secara vakum.

''Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan edukasi dan pemberian mesin vakum dapat bermanfaat bagi UMKM sebagai sarana untuk terus berkembang dan meningkatkan keunggulan produknya.'' tutur Vella Felliana Mahardika selaku penanggung jawab kegiatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline