Lihat ke Halaman Asli

Velinda Qurrotul Ainy

Undergraduate Student of International Relations

Mahasiswa KKN Kolaboratif Siap Menjalankan Program untuk Desa Selodakon

Diperbarui: 29 Juli 2022   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dialog bersama 

JEMBER -- KKN Kolaboratif Perguruan Tinggi Se-Jember yang bertempat di Desa Selodakon, beranggotakan 9 mahasiswa perwakilan dari Universitas Negeri Jember dan Universitas Muhammadiyah Jember telah dilakukan penerjunan serentak di Alun-Alun Jember yang diikuti oleh 13 PT Se-Jember, Sabtu (23/07).

Program Kerja Tematik menjadi acuan bagi mahasiswa KKN Kolaboratif untuk merealisasikan tujuan KKN Kolaboratif sendiri untuk mendukung program pembangunan masyarakat desa oleh Kabupaten Jember. Program kerja KKN sendiri terdiri dari; Program Kerja Kolaboratif dan Program Kerja Tematik. Kegiatan Program Kerja Kolaboratif merupakan DTKS (Data Terpadu Kesejahteran Sosial), sedangkan kegiatan Program Kerja Tematik terdiri dari; TIK, stunting, wirausaha dan wisata, desa tanggap bencana.

Upaya untuk menjalankan program tersebut, Kelompok KKN 137 yang berlokasi di Desa Selodakon melakukan kegiatan survei potensi Desa terlebih dahulu pada Minggu (24/07) hingga Kamis (28/07). Kelompok 137 menemukan permasalahan TIK dan data di Desa Selodakon yang dapat dikembangkan untuk proker KKN ini. 

Permasahan ini didiskusikan di Balai Desa Selodakon bersama sekretaris desa, Bapak Eko. Hasil diskusi adalah pembuatan website dan sosial media untuk desa Selodakon, yang bertujuan tersedianya sarana untuk memperkenalkan dan mengembangkan mengenai informasi data Desa Selodakon. 

"Iya saya serahkan kepada kalian, hasil jadinya nanti serahkan ke saya dulu nanti dibicarakan kembali, barang kali aja ada revisi. Untuk masalah biaya domain, nanti saya akan bicarakan kepada bendahara desa," ujar Pak Eko.

Mengenai DTKS, Kelompok 137 Selodakon masih akan berdiskusi lebih lanjut dengan Bapak Romli selaku kepala desa untuk meminta data DTKS demi mendukung program pembangunan masyarakat desa oleh Kabupaten Jember. Program Kewirausahaan dan DTKS yang akan dilakukan oleh Kelompok 137 Desa Selodakon akan dilakukan dengan menggandeng perangkat desa, warga, dan karang taruna demi menyukseskan program KKN Kolaboratif Perguruan Tinggi Se-Jember di Desa Selodakon.

"Harapannya perangkat desa dan masyarakat dapat berpartisipasi penuh dalam menyukseskan kegiatan yang akan diadakan bersama dengan para mahasiswa KKN Kolaboratif nantinya," ucap Bagas, selaku koordinator Desa Selodakon Kelompok 137.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline