Lihat ke Halaman Asli

Alasan Ngeblog

Diperbarui: 31 Januari 2016   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

 

 

 

Setiap orang pastinya memiliki cerita dalam hidupnya entah itu suka maupun duka dan dalam berbagai sisi kehidupan. Cerita itu bisa berupa pengalamannya yg dulu, pemikirannya yg sekarang atau rencana nya di masa depan. Hal tsb itu pastinya berawal dari pemikiran kita di kepala lalu di delegasikan ke anggota tubuh dlm bentuk kata kerja. Misalnya: vegarrio baru aja selesai proses balik nama STNK & BPKB motor vegarrio karena motor tsb didapatkan dgn cara membeli seken alias tangan ke-2. Dan ternyata di dalam hasil akhirnya itu vegarrio menemukan suatu masalah yg sifatnya merugikan vegarrio sebagai pemilik motor.

Nah pengalaman tsb bisa dijadikan bahan obrolan dan tulisan untuk di share kepada teman-teman vegarrio agar kasus serupa tidak menimpa mereka. Kalau obrolan sih gampang ya tinggal ngomong aja langsung ke teman-teman di kantor. Tapi kalau cerita tsb mau dibagi lewat tulisan? Ya tentunya harus ada media. Berhubung vegarrio jarang online di sosmed like FB maka pengalaman vegarrio tsb ingin di share lewat media blog ini. Meski harus bersusah payah gugling cara bikin blog dan utak atik wordpress tapi akhirnya berbuah manis blog vegarrio ini sudah jadi dan siap publish tulisan-tulisan yg bermanfaat :)

Apa sih yg menjadi alasan vegarrio buat ngeblog?

Ya tentu karena ada manfaat utamanya, yaitu:

1. Melatih skill menulis
Menuangkan isi pikiran ke dalam sebuah tulisan itu lebih susah daripada langsung ngomong lho. Jadi seolah-olah guratan pena di atas secarik kertas itu kecepatannya tak mampu mengejar laju pikiran di kepala. Alhasil kita jadi malas menulis karena ribet. Mendingan langsung to the point ngomong aja deh. Bener kan? Maka dari itu di internet banyak sekali artikel yg mengajarkan kita tentang pandai menulis. Bahkan ada pelatihannya segala dan itu gak gratis. Siapa tahu setelah kita pandai menulis kita bisa menjadi penulis terkenal. Who knows :)

2. Menambah ilmu dan pahala
Untuk membuat suatu tulisan kita harus punya ide/pikiran. Ide tsb kita dapatkan bisa dari hasil membaca buku, blog walking atau bahkan pikiran dan perilaku orang hehe.  Tentunya itu akan menambah ilmu dan wawasan kita karena salah satu kunci penting dari kemampuan menulis seseorang itu berbanding lurus dgn banyaknya buku/sumber yg ia baca. Sbg orang yg beriman kita harus yakin bahwa ilmu yg kita punya lalu kita bagi ke orang lain lewat tulisan blog kita  itu akan mendatangkan epos (energi positif) dan pahala buat kita.

3. Menambah relasi teman
Dengan seringnya kita memposting tulisan di blog kita perlahan tapi pasti itu akan mengundang orang untuk ikut membaca dan memberi feedback. Dari sekedar memberikan opini berupa koreksi, saran di kolom komentar atau bahkan sapaan dan pujian karena merasa tulisan yg kita posting itu bermanfaat buat mereka. Hal ini akan menambah kepuasan bathin kita karena telah berhasil membangun relasi pertemanan lewat media blog.

4. Menambah penghasilan
Zaman serba online sekarang menjadikan aktivitas nge-blog tidak hanya sekedar hobi tapi juga bisa menjadi profesi. Apalagi jika blognya sudah terkenal karena mendatangkan ribuan visitor tiap harinya. Hal ini akan mengundang para pengiklan untuk pasang iklannya di blog kita. Untuk mencapai ke tahap ini tentunya tidak mudah, butuh kerja keras dan konsistensi dalam meng-update tulisan di blog kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline