Lihat ke Halaman Asli

Vanny Yolanda Utomo

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Kolaborasi Tim KKN UNDIP dengan Platform Digital Exovillage Bantu Promosikan Potensi Desa Sambiroto

Diperbarui: 24 Desember 2021   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Setiap desa memiliki keunikan serta ciri khas masing – masing yang hadir sebagai identitas yang membedakan antar satu sama lain. Hal ini biasanya dapat dilihat dari potensi – potensi yang ada disekitar masyarakat terutama pada sektor pariwisata. Namun, seringkali masyarakat sekitar belum menyadari potensi – potensi yang ada di sekitar mereka dapat dikembangkan secara lebih baik dan diperkenalkan secara lebih luas, baik secara langsung maupun secara digital. Hal ini dikarenakan kurangnya literasi serta bimbingan kepada masyarakat bagaimana cara mengembangkan potensi yang ada didesa mereka.

Berkaitan dengan hal tersebut para tim peneliti Universitas Diponegoro Semarang yang diketuai oleh Dr.Rina Martini, M.Si menciptakan suatu aplikasi platform digital Exovillage.com dalam upaya meningkatkan, mengembangkan serta mempublikasikan potensi yang ada di desa Indonesia. Hal ini bertujuan agar desa dapat dikenal secara lebih luas kemudian juga membantu desa untuk mengembangkan potensi yang ada di desa secara berkelanjutan, baik dari segi destinasi, atraksi wisata, program unggulan desa seperti kegiatan UMKM, kuliner , serta tradisi dan kebudayaan daerah tersebut. Sehingga diharapkan dengan adanya platform exovillage dapat mewujudkan program desa digital dan kontribusi terhadap peningkatan kegiatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa secara mandiri.

Untuk mewujudkannya KKN Tematik Universitas Diponegoro berkolaborasi dengan platform digital Exovillage. Kolaborasi ini mengusung tema kegiatan dengan judul “Pengembangan Potensi Desa dalam Rangka Mencapai SDG’s”, peserta KKN memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing serta membantu desa untuk mengembangkan serta menyusun perencanaan potensi yang ada di desa salah satunya yang diterapkan di Desa Sambiroto.

citra-grand-61c5b6dc06310e62536a8492.jpg

Desa sambitoro merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Desa ini berada dekat dengan area kampus Universitas Diponegoro Semarang. Dikarenakan terletak di area yang sangat strategis serta memiliki keadaan alam yang sangat asri serta bebas dari banjir, membuat kawasan Desa Sambiroto diminati sebagai kawasan perumahan. Desa sambiroto ini juga memiliki berbagai fasilitas yang mampu dijadikan sebagai potensi wisata alam dan edukasi daerah seperti adanya Taman Citra Grand, Palang Merah Indoesia Jawa Tengah, Kuliner malam Sambiroto. Selain itu, juga terdapat berbagai program kegiatan masyarakat salah satunya kegiatan minggu pagi Bank Sampah Desa Sambiroto, dimana kegiatan bank sampah ini sudah berjalan sejak tahun 2019. Kegiatan Minggu pagi ini juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik lainnya seperti sarapan dan senam pagi bersama, bazaar UMKM, dan pameran hasil karya ibu-ibu desa yang dipamerkan secara umum. Namun, kegiatan ini kurang dikenal oleh masyarakat sekitar secara lebih luas dikarenakan publikasi yang belum memadai. Sehingga diharapkan adanya  media yang dapat membranding dan mengembangkan potensi yang ada di desa Sambiroto menjadi lebih baik sehingga dapat menggaet pengunjung dan menjadikan Desa Sambiroto sebagai desa wisata digital.

kegiatan-pagi-bank-sampah-61c5b6f89bdc400548737232.jpg

Untuk mewujudkan hal ini tentunya platform digital exovillage menjadi salah satu solusi yang hadir untuk membranding desa agar lebih dikenal dengan jangkauan yang lebih luas. Selain membranding potensi yang ada di desa Sambiroto, peserta KKN juga memiliki fungsi lain yakni ikut serta dalam proses penyusunan roadmap pengembangan potensi Desa Sambiroto dalam jangka waktu  5 tahun ke depan yang nanti diharapkan dapat menjadi acuan serta memberikan gambaran yang lebih luas untuk pembuatan program selanjutnya yang di terapkan di Desa Sambiroto.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline