Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Pancasila sebagai Dasar

Diperbarui: 17 Oktober 2024   00:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

IMPLEMENTASI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA 


Vannisa Nabila M, Zyahwa Azzahra A.k, Muhammad Ridho Afrian

Email : nabila120506@gmail.com, kzyahwa@gmail.com. ridhoafrian781@gmail.com. 

Mahasiswa program studi sastra inggris Universitas Pamulang

     Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang memuat nilai-nilai luhur sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.Pancasila dipilih sebagai dasar negara tentunya sangat diperlukan untuk menjaga eksistensi bangsa Indonesia, karena di dalam setiap sila Pancasila pasti terkandung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan negara itu sendiri (Agus, 2015).Disusun oleh para pendiri bangsa, Pancasila menjadi landasan konstitusional yang mencerminkan keanekaragaman dan identitas Indonesia.Artikel ini akan membahas sejarah, makna, serta relevansi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    Pancasila berfungsi bagi pelajar adalah untuk membantu pelajar memahami nilainilai dan filosofi hidup, serta membantu mereka untuk memahami pentingnya kemampuan dalam berpikir kritis dan membentuk karakter dalam kehidupan sehari-hari.

     Terkait kedudukan, diterangkan M.Syamsudin dkk. dalam Pendidikan Pancasila: Menempatkan Pancasila dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan, kedudukan atau fungsi Pancasila sebagai dasar negara dapat ditinjau dari berbagai aspek, yakni aspek historis, kultural, yuridis, dan filosofis. Secara historis, Pancasila dirumuskan dengan tujuan untuk dipakai sebagai dasar negara Indonesia Merdeka. Secara kultural Pancasila sebagai dasar negara adalah sebuah hasil budaya bangsa. Secara yuridis kedudukan Pancasila sebagai dasar negara tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945. Sehubungan dengan itu, Pancasila memiliki kekuatan yang mengikat. Secara filosofis nilai-nilai pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia.

      Menurut Wahyu, W (2015) Nilai-Nilai Pancasila bersifat fundamental, mutlak, universal, dan abadi dan nilai-nilai yang merupakan berasal dari luhur budaya masyarakat yang tersebar di seluruh nusantara. 

    Nilai-Nilai dari pancasila ini perlu di implementasikan dalam berbagai bidang demi menjaga eksistensi bangsa Indonesi diantaranya; Pertama Implementasi Pancasila di Bidang Politik, Perkembangan politik Negara pada proses reformasi harus mendasar kepada moralitas seperti hal nya nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila dalam esensinya. Pada bidang politik ini nilai-nilai pancasila dapat di implementasikan seperti saling menghormati dan menghargai pilihan setiap orang; Kedua Implementasi Pancasila di Bidang Ekonomi, Di dalam dunia ilmu ekonomi terdapat istilah yang kuatlah yang menang. Kebijakan ekonomi di Indonesia harus berdasar dan mengacu pada Pancasila dan UUD 1945. Menurut Huriah, R (2013) keberhasilan dari suatu bangsa dapat dilihat dari sumberdaya ekonomi masyarakat; Ketiga Implementasi Pancasila di Bidang Pertahanan dan Keamanan, Pertahanan Negara pada hakikatnya adalah merupakan suatu masyrakat hukum. Pertahanan dan keamanan merupakan suatu usaha untuk dapat mempertahankan kedaulatan Negara. Penerapannya dengan cara melakukan aksi bela Negara; Keempat Implementasi Pancasila di Bidang Sosial Budaya, Merupakan salah satu bidang kehidupan manusia dalam mengembangkan kebudayaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan meningkatkan pendidikan kebudayaan dan sejarah untuk mengenalkan berbagai budaya yang ada di Indonesia serta menjaga keberagaman tersebut. Bentuk perwujudannya adalah seperti Gotong royong, musyawarah mufakat, menciptakan lingkungan rukun dan harmonis.

        Walaupun Pancasila memiliki nilai-nilai luhur, implementasinya menghadapi berbagai tantangan. Tantangan tersebut meliputi korupsi, intoleransi, dan kesenjangan sosial yang masih tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari seluruh elemen bangsa, termasuk pemerintah, masyarakat, dan pendidikan, untuk menginternalisasi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline