Lihat ke Halaman Asli

Seni Menyampaikan Jati Diri Bangsa

Diperbarui: 10 Agustus 2023   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Senin, 7 Agustus 2023 terdapat seminar yang dilaksanakan di UNPAR yang bertujuan memeriahkan hari kebangsaan. Seminar yang dilaksanakan mengundang I Nyoman Nuarta sebagai pembicara. Beliau merupakan pematung Indonesia dan salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru (1976). I Nyoman Nuarta mendapatkan gelar sarjana seni rupa-nya dari Institut Teknologi Bandung. 

Dalam seminar ini juga mengahdirkan penanggap yang piawai seperti  Prof. Dr. I. Bambang Sugiharto sebagai guru besar filsafat unpar dan Prof. Dr. Purnama Salura  sebagai guru besar arsitektur serta Nurul Arifin sebagai politikus. 

Dalam seminar membahas bagaimana I Nyoman Nuarta menyatukan seni, nasionalisme, dan teknologi dalam pembangunan IKN yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Desain yang di tunjukan dalam seminar tersebut untuk istana negara mendapatkan buah pikiran dari burung garuda. 

"Memakai lambang Garuda itu dikarenakan kita mempunyai lebih dari 1300 suku dan bagaimana kita tidak menimbulkan kecemburuan, oleh karena itu memakai garuda yang menjadi lambang serta identitas Indonesia. " ucap I Nyoman Nuarta. 

Tidak hanya gedung istana, I Nyoman Nuarta juga mendesain masjid Masjid Agung yang berdekatan dengan kompleks Istana Negara. Desain yang dibuat untuk masjid ini diperuntukkan tidak hanya untuk sembahyang tetapi dibuat untuk tourism. Dengan adanya IKN, kita dapat membangun Indonesia menjadi lebih baik. 

I Nyoman Nuarta pun berpesan kepada mahasiswa yang hadir bahwa kita tidak boleh diatur oleh uang dan kita juga tidak boleh mau di belenggu oleh aturan yang tidak jelas agar kita bisa kreatif. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline