Lihat ke Halaman Asli

Viral, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Terapkan Sosialisasi Hidup Sehat di Masa Covid 19 Melalui Pembuatan dan Pembagian Hand Soap

Diperbarui: 6 Februari 2021   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hasil Jadi Hand Soap Karya Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP

Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro di Kelurahan Bulusan Kota Semarang mengadakan sosialisasi pembuatan hand soap di lingkungan wilayah RT 07 / RW 03. Meskipun situasi pandemi COVID-19 dan cuaca musim hujan di Kota Semarang menjadi tantangan dalam pelaksanaan program KKN tersebut, mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP di Kelurahan Bulusan tetap semangat menjalankan program kerjanya.

Sebelum program kerja dilaksanakan, mahasiswa KKN Tim 1 UDIP telah berdiskusi dengan kepala kelurahan setempat, yaitu Bapak Slamet Raharjo. Diskusi dilaksanakan secara berkala selama beberapa hari sebelum pelaksanaan program di wilayah setempat. Dalam proses diskusi, Bapak Slamet Raharjo mengungkapkan keinginannya untuk mewujudkan beberapa program yang dirasa cocok untuk menjadi fokus program KKN Tim 1 UNDIP di Kelurahan Bulusan. Beberapa program yang dimaksud, yakni:

  1. Program pembuatan hand sanitizer;
  2. Program pembuatan hand soap;
  3. Program pembuatan disinfektan.

Alhasil, mahasiswa di kelompok KKN Tim 1 UNDIP di Kelurahan Bulusan sepakat untuk mengadakan 3 program tersebut dengan membagi kelompok menjadi 3 sub-kelompok yang berfokus pada masing-masing program.

Program pembuatan hand soap sendiri menjadi agenda di minggu ke-empat pelaksanaan KKN, yakni mulai dari tanggal 25 Januari 2020 s.d. tanggal 29 Januari 2020. 

Hand soap dibuat menggunakan bahan-bahan yang cukup simpel dan mudah ditemukan, diantaranya adalah 50 gram NaCl, 5 ml parfum, 100 gram Texa, 4 ml H2O2, tetesan pewarna makanan (bebas), dan 10 ml Glycerol. Hand soap dibuat untuk ukuran botol 250 ml yang kemudian akan diberikan secara gratis kepada warga sekitar RT 07 RW 03.

Pembagian Hand Soap Secara Gratis Kepada Warga

Pembagian hand soap kepada warga sekitar dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Januari 2020. Pembagian hand soap diutamakan kepada warga tetap di RT 07 / RW 03 sesuai dengan arahan Ketua RT 07 / RW 03, Bapak Rosyid Sulaiman.

Penulis: Vania Safira Evanti

Dosen Pembimbing: Heri Sugito, S.Si., M.Sc.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline