Lihat ke Halaman Asli

vania puteri

an english department student

Hadapi Pandemi Covid-19 Tanpa Rasa Kebingungan, Sebuah Panduan Singkat dari Mahasiswa Undip

Diperbarui: 10 Agustus 2020   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster 3M (Dokumentasi pribadi)

Jakarta - Di era pandemic COVID-19 ini banyak kebiasaan yang berubah. Dari hal kecil seperti bertemu teman di tempat kopi, sampai kegiatan berskala besar seperti sekolah dan perkuliahan mendapati banyak aspek yang berubah. Isi berita pun tidak lepas dari perkembangan virus ini di dunia dan di Indonesia. Pandemi ini memaksa kita untuk menyesuaikan diri agar dapat melanjutkan kehidupan, namun terjauhi dari virus disaat yang bersamaan.

Ada yang berbeda di era pandemic ini, ribuan mahasiswa Undip terjun untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tim II 2019/2020 di kampung halaman masing-masing. Mereka membawa visi dan misi yang bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)".  KKN ini berlangsung dari tanggal 15 Juli hingga 15 Agustus 2020. Vania Puteri, seorang mahasiswi Universitas Diponegoro, Fakultas Ilmu Budaya turut berpartisipasi dalam KKN Tim II ini.

Program kegiatan yang ia kembangkan adalah penerapan Teracera, yaitu Terapkan Cermat Baca Berita serta penguatan kegiatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan). 

Target peserta dari program kegiatan ini adalah warga RW 04 dan RW 05  Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Teracera disusun karena banyaknya berita hoax yang beredar perihal COVID-19. Video mengenai cara  mencermati berita dapat disimak di link berikut

Selain Teracera dan penguatan 3M, mahasiswa Undip ini juga membuat kumpulan istilah baru di era pandemic COVID-19. Banyaknya istilah asing dapat membingungkan warga dan menghambat penyampaian informasi yang tepat. Diharapkan dengan booklet kumpulan istilah ini, warga dapat lebih familiar dengan berbagai istilah baru yang bermunculan. Link booklet dapat diungguh di tautan berikut

Berikut panduan singkat secara ringkas:

1. Tetap patuhi protokol kesehatan.

2. Cermati semua berita yang dibaca agar tidak termakan hoax.

3. Pahami istilah baru agar paham konteks pembicaraan / perkembangan COVID-19 di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline