Lihat ke Halaman Asli

Debat Capres-Cawapres, Saat Menilai Calon Dari Jawabannya.

Diperbarui: 20 Juni 2015   04:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saya sangat antusias dengan Pilpres 2014 karena ini adalah kali pertama saya menentukan sikap dan memilih presiden dan wakilnya yang akan menyabet gelar RI 1. Saya harus hati-hati dan selektif memilih calon RI 1 karena pilihan saya menentukan nasib negara kelahiran saya sendiri 5 tahun ke depan.

Hanya tersisa 26 hari lagi menuju Pemilihan Presiden tanggal 9 Juli mendatang, maka dari itu sejak dari sebulan lalu saya rutin cari info dan berita seputar calon presiden yang akan maju ke pemilihan puncak bulan depan. Senang rasanya saat melihat nama Prabowo ada di daftar calon presiden kali ini. Saya percaya, sikap beliau yang tegas dan rela berkorban akan mampu membangunkan macan asia dari tidur panjangnya.

Nah sebelum menilai baik-buruknya pasangan presiden, ada baiknya kita melihat dan menyaksikan Debat Capres-Cawapres yang akan diselenggarakan di berbagai tempat dan disiarkan di berbagai media. Berikut adalah daftar tanggal debat capres-cawapres 2014:

1. 9 Juni 2014 (Senin, malam ini jam 19.00) Debat Capres 1 dengan tema: Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih dan Kepastian Hukum. Disiarkan di SCTV, Indosiar dan BeritaSatu.

2. 15 Juni 2014 (Minggu) Debat Cawapres 1 dengan tema: Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. Disiarkan di MetroTV dan Bloomberg.

3. 22 Juni 2014 (Minggu) Debat Capres 2 dengan tema: Politik Internal dan Ketahanan Nasional. Disiarkan di TV One dan ANTV.

4. 29 Juni 2014 (Minggu) Debat Cawapres 2 dengan tema: Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK. Disiarkan di RCTI dan MNC.

5. 5 Juli 2015 (Jumat) Debat Gabungan dengan tema: Pangan, Energi dan Lingkungan. Disiarkan di TVRI dan Kompas TV.

Catat tanggalnya, dengarkan pertanyaan dan jawabannya. Walaupun mungkin debat ini tidak bisa menjadi tolak ukur penilaian capres-cawapres tapi setidaknya akan membuat kita berfikir sejenak, apakah kita akan memilih presiden yang tanggap dan cepat bertindak atau yang terlalu lemah dan lama berfikirnya.

Semoga pilihan kita di 9 Juli nanti membawa perubahan berarti bagi tanah air ini. Aamiin...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline