Lihat ke Halaman Asli

Tim PKM RSH Universitas Pendidikan Indonesia Meneliti Fenomena Pengguna Paylater pada Ibu Hamil Pertama di Kota Bandung

Diperbarui: 11 Oktober 2023   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM RSH) dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meneliti peran mental accounting terhadap fenomena pembelian impulsif dengan subjek ibu hamil pertama (primigravida) pengguna layanan paylater di kota Bandung.

Tim PKM-RSH dengan ketua Sabirina Hajarani dari program studi Psikologi dan beranggotakan Berlian Yasmin Tahira , Siti Vania Khoerunnisa, Aisyah Fatihah Hajar yang semuanya berasal dari program studi Psikologi dan Mohammad Aryandra Fadhilah dari program studi Akuntansi dengan dosen pembimbing Ita Juwitaningrum, S.Psi., M.Pd.

Pada tahun 2023 ada kurang lebih 5.000 proposal yang lolos ke tahap pendanaan yang diberikan oleh Dikti. Riset ini bertujuan untuk meneliti pengaruh mental accounting terhadap pemberlian impulsif dengan subjek ibu hamil anak pertama atau primigavida di kota Bandung yang menggunakan paylater.  Kemudahan mengakses paylater di berbagai aplikasi, terutama e-commerce menjadi sesuatu yang harus diperhatika,n karena kegagalan membayar paylater dapat membawa kesengsaraan dan juga resiko, terutama pada Ibu hamil anak pertama yang belum berpengalaman dalam membeli kebutuhan anak dan sedang dipengaruhi dengan gejolak hormon dan emosional.

Dengan adanya fitur paylater ini bisa meningkatkan perilaku pembelian impusif, terutama pada ibu hamil anak pertama. Salah satu cara untuk mengatasi pembelian impulsif ini adalah dengan menerapkan mental accounting yang merupakan salah satu metode mengelola keuangan, dengan memetakan pendapatan kepada beberapa jenis untuk mengontrol pengeluaran.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat meneliti peran mental accounting terhadap fenomena pembelian impulsif dengan subjek ibu hamil pertama (primigravida) pengguna layanan paylater di kota Bandung dengan cara mengetahui sejauh mana mental accounting dapat dapat membantu primigravida  dalam mengontrol perilaku pembelian impulsif berbelanja online menggunakan fitur paylater dengan mengetahui faktor - faktor yang memberikan pengaruh pada perilaku pembelian impulsif pada primigravida yang menggunakan paylater, memberikan rekomendasi untuk menggunakan mental accounting sebagai cara melakukan kontrol diri dalam mengatur pengeluaran. Dan membantu individu dalam mengatur pengeluaran dan mengurangi perilaku pembelian yang disebabkan oleh faktor psikologis.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik mengenai riset sosial humaniora khususnya dalam bidang psikologi dan juga akuntansi mengenai peran mental accounting yang berpengaruh terhadap impulsif buying dalam penggunaan paylater. Serta, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi primigravida pengguna paylater tentang bagaimana mereka dapat mengendalikan diri dari godaan paylater dan melakukan pembelian yang lebih bijak. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline