Lihat ke Halaman Asli

Ratusan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya Aktif dalam Menyelenggarakan Studi Ekskursi 2018

Diperbarui: 14 Januari 2019   18:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kamis, 13 Desember 2018 mahasiswa UNTAG Surabaya telah melakukan Study Ekskursi atau biasa disebut SE yang berlokasi di kota Surabaya dan Malang. Study Ekskursi dibuka dengan penyampaian materi dari Hendro Dwijo Laksono dan humas Polda Jawa Timur di gedung Student Center UNTAG Surabaya. 

Acara tidak berhenti sampai disitu, para peserta digiring untuk menuju ke lokasi berikutnya yaitu di kantor DPRD Jatim dan EBS 105.9 FM Surabaya. Peserta SE yang berjumlah 150 orang terlihat sangat antusias dengan beberapa mahasiswa yang aktif dalam mengajukan pertanyaan kepada masing -- masing narasumber.

Kegiatan ini pun berlangsung selama 2 hari, yang mana pada hari Kamis dilaksanakan di kota Surabaya sedangkan hari Jumat, 14 Desember 2018 dilaksanakan di kota Malang. Kegiatan SE di kota Malang sedikit berbeda dengan kegiatan di Surabaya, karena semua penyampaian materi dilakukan di aula Hotel Surya Indah Batu. Ada 3 materi yang disampaikan yakni dari Dinas Pariwisata Kota Batu, Jatim Park Group dan Agropolitan TV.

Ada hal yang menarik pada saat penyampaian materi dari Humas Jatim Park Group mengenai "Tantangan dan Peluang Public Relation pada Revolusi Indrustri". Titik S. Ariyanto selaku pemateri menyampaikan bahwa sebagai seorang humas atau PR harus bisa melihat peluang dari sisi manapun. Selain itu seorang PR sangat berperan penting dalam membranding suatu perusahaan agar terlihat baik dimata masyarakat. Hal ini terbukti dengan majunya beberapa pariwisata yang telah berdiri di kota Batu dalam naungan Jatim Park Group.

Dengan perkembangan zaman dan teknologi, Titik selaku humas Jatim park Group memaparkan kegiatan publitas yang telah dilakukan tim. Mulai dari yang dulunya hanya menyebarkan pamflet hingga pada era sekarang, publikasi serta promosi yang mereka lakukan adalah menggunakan media. Tidak hanya promosi, tetapi beliau menjalin hubugan baik dengan wartawan. Selain itu seorang PR harus bisa membuat gerakan baru atau event menarik pada sebuah perusahaan. Jatim Park Group sendiri mempunyai beberapa event besar, yakni Word Animal Day.

Dari apa yang disampaikan oleh pemateri, dapat ditarik kesimpulan bahwa seorang PR harus bisa membentuk citra baik pada suatu perusahaan. Para peserta pun sangat berantusias dan tertarik dengan apa yang disampaikan oleh pemateri. Dari situ peserta bisa mendapatkan hal positif yang nantinya bisa diterapkan pada suatu perusahaan atau organisasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline