Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Nutrisi Seimbang pada Anak

Diperbarui: 5 Oktober 2024   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nutrisi adalah zat gizi yang terdapat dalam makanan dan minuman yang berguna untuk tubuh dalam tumbuh, berkembng, dan berfungsi dengan baik. Dan maksud dari nutrisi yang seimbang adalah makanan yang mengandung jumlah zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak sekali makanan yang bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti daging, ikan, sayur, dan tak lupa karbohidrat bisa nasi, gandum dan lainnya. Dengan kita memakan makanan yang memiliki vitamin, protein, karbohidrat, lemak dan mineral kita dapat tumbuh dengan sehat. Namun banyak dijumpai bahwa anak sekarang sulit sekali untuk makan sayur atau protein lainnya, padahal pada masa anak anak diperlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Makanan dengan nutrisi seimbang didalamnya pasti terdapat karbohidrat yang berguna untuk sumber energi misalnya nasi, jagung, gandum, dan lainnya. Protein yang dapat membantu pembentukan jaringan tubuh dan hormon seperti protein nabati (kacang kacangan)  dan hewani (ikan,daging). Lemak yang berguna untuk melindungi organ tubuh dan membantu fungsi otak contoh kacang kacangan, ikan dan lainnya. Vitamin berguna untuk menjaga kesehatan penglihatan dan menjaga kekebalan tubuh, seperti vitamin A,C,D,E,B Kompleks. Dan yang terakhir mineral seperti zat besi dan kalsium penting bagi pertumbuhan anak yang dapat menjaga imunitas contohnya buah, susu, dan lainnya.

Selain manfaat tersebut, ada lagi manfaat lain jika memakan makanan dengan nutrisi seimbang,seperti meningkatkan pertumbuhan anak, meningkatkan kognitif yang mendukung kecerdasan,pola berpikir, serta meningkatkan imun dan mencegah penyakit.

jika anak idak mendapatkan nurisis yang seimbang maka anak akan mudah sakit, terkena stunting atau gagaltumbuh yang terjadi karena anakkekurangan gizi pada usia balita. selanjutnya bisa menjadi kurus, yangdisebabkan karena kekurangan gizi yang mengakibatkan tubuh mengambil cadangan energi yang tersimpan. dapatmenimbulkan obesitas, karena memakan makanan yang berlebihan dari yang disarankan akhirnya terjadi penimbunan lemak. kekurangan gizi dapatjuga menurunkan daya tahan tubuh, dan kurangnya tingkat kecerdasan.

Jadi kesimpulannya, nutrisi  yang seimbang merupakan faktor penting dalam perkembangan anak. Dapat membuat anak memiliki tubuh sehat, meningkatkan kecerdasan, dan terhindar dari penyakit. Peran orang tua ialah menjaga makanan anak yang didalamnya harus mengandung nutrisi seimbang agar tidak terkena berbagai penyakit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline