Lihat ke Halaman Asli

Nyaris Karam, Kapal Rafelia II Rute Surabaya - Ende Diselamatkan di Celukang Bawang Bali

Diperbarui: 14 Juli 2015   08:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DENPASAR (14/7/2015) - Ratusan penumpang Kapal Motor (KM) Rafelia II rute Surabaya – Ende diselamatkan di Pelabuhan Celukang Bawang Buleleng, Bali, Senin (13/7/2015). Kapal motor yang belum satu pekan ini beroperasi, diduga menampung beban yang melampaui kapasitas muat. Hingga kabar ini diturunkan, belum ada konfirmasi langsung dari pihak otoritas yang bertanggung jawab.

Dua puluhan orang penumpang, terdiri dari kaum ibu-ibu, anak-anak dan pelajar, serta mahasiswa pada Selasa subuh, (14/7/2015), ditampung di margasiswa PMKRI Denpasar. Moat salah seorang penumpang menuturkan, jika kapal yang membawa mereka tersebut sudah mulai oleng, sejak bertolak dari Pelabuhan Perak Surabaya, Minggu (12/7/2015).

“ Kami sudah berlayar lebih dari semalam, tapi kapal terasa oleng, sejak bertolak dari pelabuhan perak. Sepertinya kapal kelebihan kapasitas muat, ditambah cuaca yang buruk. Untung, kami selamat setelah dievakuasi. Kami terpencar, ada yang masih diamankan polisi KP3 Celukang Bawang, ada menginap terminal Ubung Denpasar ” Ujarnya di Margasiswa PMKRI, Jalan Thamrin I/8 Denpasar.

Ketua PMKRI Denpasar, Florentio D Heppi, mengungkapkan dirinya memperoleh kabar jika ada puluhan penumpang yang terlantar di terminal Ubung Denpasar, Selasa subuh (14//2015). “ Untuk sementara, mereka kami tampung di sini (margasiswa,red), sambil berkoordinasi, agar secepatnya menemukan solusi terbaik. Intinya, para penumpang ingin lekas kembali ke tujuan mereka “ Ujarnya.

Kapal Motor Rafelia II naungan PT.Dharma Bahari Utama kembali melayani Kabupaten Ende, sejak tenggelamnya KM Nusa Damai di Kolam labuh Ippi tahun 2004. KM Rafelia II rute Surabaya - Ende ternyata belum sepekan berlayar, sejak resmi bersandar di Pelabuhan Soekarno Ende, Minggu (5/7/2015). Kapal motor jenis roro ini rencananya melayani penumpang rute Surabaya – Ende seminggu sekali. (*)

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline