Lihat ke Halaman Asli

Legenda/Asal Usul Kuyang di Tanah Kalimantan

Diperbarui: 10 Mei 2024   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo sahabat penjelajah misteri, Pada kesempatan ini saya disini akan membahas mengenai Legenda Kuyang. Dengan penuh kebanggaan akan keberagaman budaya yang memikat hati, saya akan membuka lembaran baru untuk mengungkap misteri yang menghiasi malam tanah Kalimantan : Kuyang. Dalam suasana penuh penghormatan terhadap warisan budaya yang kaya, saya izin membuka misteri gaib yang mendalam ini.Kuyang merupakan makluk halus yang merupakan makluk halus dengan wujud kepala dengan organ t*b*h yang bergelantungan, Dipercaya oleh masyarakat kalimantan, Bahwa kuyang adalah manusia yang mempelajari ilmu hitam.

Asal mula kuyang muncul di pulau kalimantan: Mari kita awali kisah dari asal muasal kuyang, Yang diawali disebuah desa kecil yaitu desa wari, Di desa wari hidup seorang perempuan bernama Maharati, Diperkirakan Maharati hidup di masa Kerajaan Banjar. Maharati ini terlahir dalam keadaan cacat tidak memiliki hidung, Dari kecil Maharati dipasangkan hidung buatan yang terbuat dari kayu yang dibuat oleh ayahnya. Maharati adalah anak Bungsu, Ia memiliki 2 kakak perempuan bernama Suli dan Mayang, Kakak Maharati terlahir dengan sempurna, Kakak Maharati sering memuji adiknya wanita sempurna, Bahkan ibunya juga. Maharati terlahir dari keluarga yang terbilang cukup kaya, Bapaknya adalah peternak yang cukup sukses.

Cerita mulai memanas saat Maharati keluar dari rumah nya itu dibantu oleh 3 orang yang tidak di kenal oleh Maharati, Mereka menaiki kereta kuda, Setelah itu mereka tiba di lapangan yang penuh dengan orang, setelah itu Maharati pun di olok olok oleh semua orang disitu karena hidungnya yang terbuat dari kayu. Maharati dendam terhadap 3 orang asing yang dianggap nya teman, lalu dia mengajak ketiga orang tersebut ke rumah nya untuk bermain dan memb*n*h mereka. Setelah itu maharati memasukan ketiga M*Y*T itu kedalam karung, Dan membuang mereka ke tempat sampah yang akan dibakar nantinya, Dan rencana Maharati berhasil, Tidak ada yang curiga padanya.

Beberapa tahun kemudian, Maharati pun diijinkan keluar dari rumah oleh ayahnya, dia pun pergi naik kereta kuda dengan menggunakan penutup hidung dan mulut, setelah  itu Maharati pun sering kepasar dan saat itu, Maharati bertemu seorang nenek- nenek dan Maharati memberikan nenek itu beberapa keping koin emas, malamnya, maharati sering berpikir bahwa sampai dia tua pun tidak akan ada orang yang mau menikahinya, setelah itu munculnya nenek yang Maharati temui di pasar, nenek itu pun memberikan saran yaitu meminum D*A*H wanita yang sedang hamil agar Maharati menjadi cantik dan awet muda , Maharati pun mencobanya dan benar saja Maharati menjadi cantik, nenek itu mengajari nya ilmu hitam dan itulah asal muasal munculnya kuyang di tanah kalimantan.

                                                                   

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline