Lihat ke Halaman Asli

Berteman untuk Memberi Dampak yang Baik

Diperbarui: 16 November 2022   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sejak usia kita masih kanak-kanak kita sudah diajarkan untuk berteman. Memulai membangun pertemananan di tempat kita berada. Sewaktu masih kanak-kanak siapapun dia semua itu teman tanpa terkecuali, masa-masa itu berteman sangat seru dan asik untuk mencari kesenangan, bermain dan melakukan sesuatu kegiatan  bersama dengan teman adalah hal yang menarik.  Masih ingatkah kamu ketika kamu masih kana-kanak ketika kamu punya sedikit makanan, orangtuamu mengatakan berbagi dengan teman jangan kamu makan sendiri.....tanpa  disadari kita sudah diajari berbuat baik terhadap teman sejak masi  kanak-kanak dan berlanjut hingga kamu dewasa. Berteman mengajarkan kita untuk saling berbagi terhadap sesama. Namun ada yang memilih punya banyak teman merupakan hal yang positif tetapi ada juga yang memilih  lebih baik sendiri tak perlu punya banyak teman.

Kebiasaan yang diajarkan untuk berteman sejak masi kecil akan terbawa terus ketika dimanapun kita berada pasti punya banyak teman. Namun ketika dibangku SMP dan SMA  ternyata mulai ada perubahan karena  tidak semua orang yang kita jumpai tidak bisa diajadikan teman, sejak awal kita dibangku SMP dan SMA orangtua selalu memberi nasihat  untuk berhati-hati dalam memilih teman. Orangtua senang kita punya banyak teman tetapi berteman yang membawa dampak positif.

Ada bahasa gaul  "kalau tidak punya teman kurang keren" , terkadang punya banyak teman bisa berdampak merubah sifat kita, tetapi bijaklah dalam memilih teman. Coba kamu sejenak berpikir dalam hati, sifat kamu yang dulunya yang penurut sama orangtua mulai berubah sejak kapan ? mungkin di waktu SMP atau di waktu SMA ?.  orangtua kamu juga mungkin pernah bilang dulunya dia tidak seperti ini tapi sekarang siafatnya mulai berubah, namun kamu selalu acuh dan tidak peduli.

Seseorang gampang sekali dipengaruhi dengan ajakan temannya bahkan ada yang lebih dengar temannya daripada orangtuanya.  Beruntungnya kamu sekarang yang memiliki banyak teman dan membawa dampak yang positif, baik itu dalam pendidikan dan karirmu sekarang.

Sebagai contoh hal positif punya banyak teman yakni ketika kamu dalam kesusahan dan membutuhkan  pertolongan mereka langsung datang memberi bantuan. Ada hal  yang tidak bisa dipungkiri juga yaitu ada teman yang menghilang ketika kamu meminta bantuan dan juga ada teman yang sifatnya tiba-tiba berubah karena sesuatu keadaan. Akan ada banyak pengalaman yang kamu dapat dari semua teman yang kamu punya, tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Bersama teman kamu juga harus berbuat baik jangan hanya mengharapkan kebaikan teman tetapi kamu sendiri tidak pernah melakukan hal baik untuk temanmu, bila perlu kamu yang menjadi panutan bagi semua temanmu. Seberapa banyak hal baik yang kamu berikan kepada teman dan berapa kali temanmu menghindar ketika kamu membutuhkannya ?????

Mencari seorang teman yang baik dan menjadi teman yang baik itu sangat susah, maka dari itu  bangunlah dunia pertemananmu dengan pondasi yang baik dan jangan pernah mencoba menjadi duri bagi teman sehingga membuat teman terluka karena kamu tidak akan pernah dianggap sebagai teman yang baik. Berteman yang baik tentunya memberi dampak yang baik tetapi jika tidak maka sebaliknya yang akan terjadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline