Lihat ke Halaman Asli

Tovanno Valentino

TERVERIFIKASI

Hanya Seorang Pemimpi

Bersihkan Facebook dari Anak-Anak di Bawah 13 Tahun!

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_145841" align="aligncenter" width="650" caption="Ilustrasi - pcworld.com"][/caption]

Wah sensasional ya judulnya ? hahaha. Biarin ah, saya memang lagi serius omongin hal ini kok. Emang urusan apa saya harus bersihkan anak 13 tahun dari Facebook? Emang anak orang bisa saya libas juga ?  Wah kalo sudah nanya begini, saya angkat tangan. Tapi jangan keburu sensitif dulu, saya hanya ingin mengusulkan dan mengajak sharing. Saya tetap menjujung tinggi hak orang tua didalam mendidik anaknya tanpa campur tangan orang lain. Setuju ! Namun, sebagai warga masyarakat yang baik, boleh dong saya ikut peduli dan memberikan sedikit informasi. Lebay ? ahh serius kok.

Jadi begini, seperti yang kita tahu Facebook hanya mengijinkan anak diatas 13 tahun untuk memiliki akun. Bener ga ? Nah, pada kenyataannya justru banyak yang ngelanggar. Ga percaya ? Banyak kok yang punya. Dilingkungan saya saja, lebih dari belasan anak yang saya tahu sudah memiliki akun Facebook. Kalo yang begini kira-kira ngelanggar ketentuan Facebook ga  ya ? "ah masa bodoh, itu bukan urusan elu, ngapain ikut campur. Ini anak-anak gwe. Dan anak yang laen, urusan orang tua mereka masing-masing!" Wow kejam nian. Ok baik. Namun saya mepunyai sikap yang lain. Walaupun itu adalah anak orang saya pribadi terpanggil untuk biasa memberikan kontribusi positip. Mengapa demikian ? Karna sudah terlalu banyak anak dibawah umur yang menggunakan Facebook dengan cara yang salah. Belum lagi mereka dipengaruhi oleh perilaku-perilaku orang dewasa yang kadang kelewat batas. Kasihan ga ? Kalo anda ga. Saya kasihan. Oleh karena itu, tanpa pandang bulu. Saya laporkan mereka ke admin Facebook, agar akunnya ditutup. Kejam ? Biarin. Selagi orang tuanya ga peduli, tidak ada salahnya saya memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh Facebook.

Gimana caranya ? Ada caranyan dan sangat mudah dilakukan. Namun sebelumnya perlu diberitahukan bahwa Facebook sangat memperhatikan hal ini, dan ikut  terlibat memberikan bimbingan kepada orang tua untuk mengontrol anak-anak mereka yang menggunakan Facebook.

Nah, mari kita lanjutkan soal caranya. Dalam hal kontrol orang tua terhadap anak-anak mereka, terdapat dua isu utama yang penting untuk diperhatikan,yaitu melaporkan dan meminta untuk ditutup akun Facebook untuk anak usia di bawah 13 tahun dan melaporkan dan meminta untuk dihapus penggunaan foto anak usia dibawah 13 tahun secara ga bertanggungjawab oleh orang lain.

Melaporkan dan meminta untuk ditutup akun Facebook untuk anak usia di bawah 13 tahun

Seperti niat saya diawal, saya akan laporkan ! hehehe. Lagian tujuannya baik ini. Apalagi si anak sudah salah menggunakan Facebook. Betul ga ? Namun demikian, cara yang lebih bijaksana sedapatnya bicarakan terlebih dahulu dengan orang tua si anak. Tentu ini perlu kehati-hatian, karena ga semua orang tua akan menerima begitu saja saran anda. Untuk hubungan saudara dekat, jangan segan-segan untuk mengusulkan ini kepada orang tua mereka. Kalo masih ga ada jalan keluar, lakukan sendiri, namun sekali lagi siapkan data yang diperlukan.

Caranya, klik di sini kemudian masukan data yang diperlukan. Luhat gambar dibawah ini :

Sebagai catatan,  Facebook mengingatkan bahwa mereka akan memeriksa akun yang dilaporkan dan akan mengambil langkah-langkah yang sesuai berdasarkan kebijakan mereka. Anda ga akan menerima email yang berisi konfirmasi apabila mereka mengambil tindakan, namun mereka benar-benar memeriksa semua laporan. Jika Anda melaporkan akun seorang anak yang telah mendaftar dengan memakai tanggal lahir palsu, dan umur anak itu dapat dibuktikan di bawah 13 tahun, mereka akan segera menghapus akunnya. Anda ga akan menerima konfirmasi atas tindakan ini, hanya saja Anda ga lagi dapat melihat profil anak itu di situs ini. Jika umur anak yang dilaporkan itu ga dapat dibuktikan di bawah 13 tahun, mereka mungkin ga dapat menindak akunnya. Dalam hal ini, jika Anda bukan orang tua anak ini, mereka menyarankan agar Anda mendorong orang tuanya sendiri yang menghubungi mereka, dengan menggunakan formulir di atas tadi.

Melaporkan dan meminta untuk dihapus penggunaan foto anak usia dibawah 13 tahun secara ga bertanggungjawab oleh orang lain.

Siapa yang rela, foto anak anda yang masih dibawah umur digunakan secara ga benar oleh orang lain. Dalam pose apa saja. Entah itu oleh teman mereka sendiri atau orang lain yang ga bertanggung jawab. Kalo hal ini anda temui, baik itu mengenai anak anda atau seorang anak dari kenalan anda, jangan segan-segan untuk melaporkannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline