Lihat ke Halaman Asli

5 Kebiasaan Mudah agar Rumah Tetap Bersih dan Terjaga

Diperbarui: 10 Januari 2023   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pexels.com

Tidak peduli seberapa banyak space yang ada di rumah, kita selalu dihadapkan dengan pemandangan barang yang berserakan di mana-mana seperti kapal pecah. Padahal, kita sudah susah payah mempertahankan image rumah yang bersih dan rapi. 

Selain tidak enak dipandang mata, hunian berantakan juga menjadi tempat bersarangnya bakteri dan penyakit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu hanya perlu menerapkan beberapa kebiasaan berikut untuk menjaga rumah tetap bersih.

1. Terapkan Sistem Minimalis

Sumber: pexels.com

Kamu pasti pernah mendengar istilah "decluttering", bukan? Dengan melakukan hal ini dapat membuat hidup jadi lebih tertata dan rapi. Menjadi orang yang minimalis membuatmu belajar menyimpan barang-barang yang penting dan memang kamu gunakan saja.

Kamu bisa menyumbangkan barang yang sudah tidak kamu perlukan kepada orang lain. Selain itu, kamu juga harus lebih pengertian dengan uang yang kamu keluarkan ketika berbelanja. 

2. Lakukan Pembersihan Rutin

Sumber: ruparupa.com

Tidak cukup hanya dengan menyapu rumah tiap hari, kamu juga harus mulai menerapkan kebiasaan untuk membersihkan rumah secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Bereskan area rumah secara keselurahan, terutama ruang tamu, dapur, dan kamar tidur agar lebih nyaman ditempati.

Kamu juga bisa mengganti sarung bantal sofa, kain sprei, dan sarung bantal secara rutin. Gunakan juga vacuum cleaner untuk memastikan debu benar-benar terangkat dengan sempurna. 

3. Rapikan Tempat Tidur

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline