Lihat ke Halaman Asli

Valen Tina

pelajar

Pentingnya Persahabatan dan Pengaruhnya

Diperbarui: 15 November 2023   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri sehingga membutuhkan orang lain untuk hidup. Seseorang harus membangun relasi persahabatan. Persahabatan adalah wadah untuk bertumbuh di lingkup kehidupan manusia. Dapat dikatakan kurang lengkap ketika hidup tak melibatkan persahabatan, karena persahabatan adalah suatu hal yang berharga setelah keluarga. Hadirnya sahabat membawa pengaruh di dalam kehidupan seseorang. Sebagian orang menganggap bahwa sahabat adalah rumah untuk pulang dan tempat untuk berkeluh kesah menceritakan kehidupan. Namun, ada pula yang beranggapan bahwa seorang sahabat adalah tempat untuk mendapatkan motivasi dan saran untuk sebuah masalah. 

Maka dari itu, harus memahami apa itu persahabatan dan juga mengetahui pengaruh apa itu persahabatan dan juga mengetahui pengaruh apa dari ikatan hubungan persahabatan. Sebab, ketika seseorang sudah memperhatikan kedua hal tersebut seseorang dapat dikatakan siap untuk masuk di dunia persahabatan.

Untuk itu, kita membutuhkan sahabat di hidup kita. Sahabat yang tepat akan selalu ada di kala kita sedang diperhadapkan oleh sebuah situasi bahkan mendesak sekalipun. Sahabat akan membantu kita menyelesaikan masalah dengan baik. Karena terkadang ketika kita diperhadapkan oleh sebuah masalah tak jarang kita akan merasa tergesa-gesa bahkan buntu fikir, sehingga keberadaan sahabat sangat diperlukan kala ini. Keberadaan mereka sangat berpengaruh di dalam hidup seseorang. Dengan adanya sahabat kita mendapat dukungan ketika sedang tidak baik-baik saja dan apresiasi ketika kita berhasil mencapai sesuatu. 

Kuncinya dalam memilih sahabat adalah dengan melihat bagaimana cara dia memperlakukan kita dan bagaimana pengaruhnya ketika bergaul denganya, upayakan untuk mencari sahabat yang mampu memberi pengaruh positif. Sehingga, hidup akan jauh lebih bermakna dan mendorong kita untuk terus mensyukuri hal-hal yang terjadi dalam hidup kita. Keberadaan sahabat akan mencukupkan kita dalam hal kasih sayang dan kesempurnaan untuk mengisi perjalanan kehidupan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline