Lihat ke Halaman Asli

Valencia Febriani Yohan

Penerima beasiswa STP Trisakti 2020

Customer Service dan Hospitality

Diperbarui: 7 September 2023   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sederhananya, Customer Service mempunyai peran membantu pelanggan memecahkan masalah, mengajari mereka cara menggunakan produk, dan menjawab pertanyaan. Definisinya sendiri adalah layanan pelanggan, yaitu tentang melayani kebutuhan pelanggan.

Sedangkan hospitality lebih ke sebuah sifat atau attitude dan tindakan yang bersikap ramah dan hangat.

Namun dalam praktiknya, seringkali hospitality lebih dari sekedar itu. Ini tentang menciptakan suasana di mana orang merasa nyaman dan diperhatikan, baik mereka tamu maupun pelanggan.

Jika dilakukan dengan benar, keramahtamahan dapat menciptakan hubungan yang langgeng dan membangun hubungan dengan program loyalitas pelanggan mana pun. Dalam pasar yang semakin kompetitif, hal ini dapat membuat perbedaan besar.

Hospitality adalah tentang membuat tamu Anda merasa diterima dan nyaman. Customer Service di sisi lain, adalah tentang memenuhi kebutuhan pelanggan Anda dan membantu mereka memecahkan masalah apa pun yang mungkin mereka hadapi.

Baik bekerja di restoran, di bisnis jasa, atau berada di bisnis hotel, meningkatkan keterampilan perhotelan dan layanan pelanggan dapat sangat meningkatkan pengalaman yang Anda berikan kepada pelanggan.

Dengan menggabungkan sikap dan attitude hospitality dengan customer service yang baik, banyak keuntungan yang dapat dirasakan oleh sebuah industry.

Customer Service sangat penting dalam industri perhotelan karena sering kali merupakan interaksi pertama dan terakhir yang dilakukan tamu dengan suatu bisnis.

Kesan pertama itu penting, jadi penting bagi bisnis untuk memastikan perwakilan layanan pelanggan mereka sopan dan efisien.

Customer Service yang baik dapat membantu bisnis di industri perhotelan untuk:

  • Menarik tamu baru
  • Tingkatkan bisnis yang berulang
  • Menghasilkan promosi dari mulut ke mulut yang positif
  • Tingkatkan keuntungan mereka
  • Dengan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, bisnis dapat menciptakan kesan abadi yang akan membuat tamu datang kembali lagi dan lagi.

Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu meningkatkan keuntungan dan memastikan kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline