Lihat ke Halaman Asli

Galang Alanna

Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Surabaya

Dukung UMKM Desa Medalem, Kelompok KKN Tematik Lamongan 6 Unesa Gelar Bazar Ramadan dan Pembagian Subsidi Sembako Murah

Diperbarui: 22 Juni 2022   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

LAMONGAN--- Dalam memperluas akses pemasaran selama pandemi Covid-19, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa menempuh berbagai cara. Selain dengan cara online seperti e-commerce dan platform marketplace lainnya, bisa juga dengan cara offline seperti mengikuti event, pameran, dan bazar.

Dalam rangka meramaikan bulan suci ramadhan 1443 H mahasiwa Kelompok KKN -- Tematik Lamongan 6 Universitas Negeri Surabaya (UNESA)  Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) yang berada di Desa Medalem, Kec. Modo Kab. Lamongan. Bazar Ramadhan menjadi program kerja unggulan tim KKN-Tematik Lamongan 6 UNESA selama menjalani kegiatan KKN di Desa Medalem.

Lokasi bazar ramadhan ini berada di Balai Desa Medalem, Modo, Lamongan, Jawa Timur. Terdata, sebanyak 12 UMKM dan 2 perwakilan kelompok yg membuka gerai di bazar ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 20 April 2022 jam 15.00 WIB hingga 18.00 WIB. Acara tersebut juga di meriahkan oleh penampilan hiburan dari perwakilan kelompok KKN-T Lamongan 6. Pengunjung yang mendatangi bazar sambil menunggu waktu buka puasa dapat membeli beragam produk UMKM.

Beragam produk UMKM dipasarkan di Bazar Ramadhan tersebut mulai dari makanan kecil, jajanan tradisional, Minuman. Produk tersebut merupakan produk unggulan UMKM Desa Medalem. Selain produk dari UMKM, bazar ramadhan ini juga menjual produk hasil dari kegiatan pelatihan olahan kreatif yang telah diselenggarakan sebelumnya . Bazar Ramadhan ini dihadiri oleh bapak Munari selaku kepala desa medalem

"Bazar ini sangat membantu UMKM dalam menjajakan produk-produknya." Ujarnya pada Sabtu (20/4/2022).

Tidak hanya itu, dalam Bazar Ramadan di Desa Medalem ini juga dilengkapi pembagian subsidi sembako. Subsidi sembako dibagaikan kepada 60 warga tidak mampu. Kelompok KKN mensubsidi sembako untuk masyarakat kurang mampu sebesar 50%. Isi sembako yang disubsidi diantaranya Gula 1kg, minyak goreng 1 liter, telur kg, kecap dan teh celup. Konsep pembagian subsidi sembako yaitu kami meminta data masyarakat kurang mampu kepada kepala dusun selanjutnya kami membagikan kupon kepada masyarakat kurang mampu tersebut untuk selanjutnya kupon tersebut ditukarkan pada saat bazar.

Dokpri

Hadirnya Bazar Ramadhan yang digelar di Balai desa medalem tersebut mendapat apresiasi warga sekitar. Hal tersebut dapat dilihat melalui antusiasme masyarakat untuk berbondong bondong mengikuti kegiatan tersebut.

"Saya merasa senang diselenggarakan bazar ramadhan ini. Selain itu saya merasa sangat terbantu dalam mendapatkan sembako dengan harga terjangkau melalui pembagian subsidi sembako, harapan dari saya pribadi semoga kegiatan ini akan dilaksanakan kembali", ucap salah satu warga yang hadir dibazar.

Dalam penyelanggaran Bazar Ramadhan di Desa Medalem ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi pihak yang terlibat, baik Penyelenggara , Pelaku Umkm, Dan Pembeli.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline