Lihat ke Halaman Asli

Saverinus Kaka

Saya adalah seorang Karyawan swasta yang sangat peduli dengan berbagai masalah sosial, politik, hukum dan bisnis.

Mahasiswa Teknik Lingkungan Surya University Berpartisipasi dalam Leaders Academy Asia Oceania

Diperbarui: 16 Juli 2019   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Setelah menjadi bagian dalam kegiatan World Cleanup Day 2018 dan menjadi peserta dalam Clean World Conference 2019, Ivan Hartanto, Mahasiswa Teknik Lingkungan Surya University terus aktif bersuara tentang bumi bebas sampah dalam kegiatan Leaders Academy Asia dan Oceania 2019 di Bali yang dihadiri oleh perwakilan dari 19 negara dan 29 provinsi di Indonesia.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 13-16 Juni 2019 di Bali disambut dengan sangat baik oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, sebagai wujud dukungan positif untuk para penggiat lingkungan World Cleanup Day. Di samping itu, hadir pula perwakilan dari  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan dan Kehutanan, dan Aparat Sipil Negara (ASN) Pemerintahan Propinsi Bali.

Adapun tujuan dari acara tersebut yaitu melakukan sosialisasi atas berbagai program CLEANUP yang telah dirancang kepada masyarakat di seluruh dunia. Program Aksi CLEANUP tersebut rencananya akan dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia pada tanggal 21 September 2019 yang akan datang. Perwakilan Indonesia sendiri menargetkan untuk merekrut sebanyak 13 juta relawan peduli lingkungan dari seluruh Indonesia sampai dengan akhir tahun 2019. Perwakilan relawan dan penggiat lingkungan dari Indonesia dengan bangga menggaungkan tagar #kami13juta.

dokpri

Pada kesempatan ini, Ivan Hartanto yang merupakan mahasiswa Teknik Lingkungan Surya University yang telah mengikuti kegiatan ini sejak tahun 2018 merasa sangat bangga bisa menjadi bagian kecil dari 7.6 juta relawan penggiat lingkungan di Indonesia yang melakukan cleanup tahun lalu. Menurut Ivan, "World Cleanup Day Indonesia tentu tidak sebatas cleanup. World Cleanup Day adalah momentum untuk kita semua bersatu untuk tidak menunjuk orang lain akan masalah persampahan, melainkan memulai menanyakan kepada diri sendiri tentang apa yang bisa dilakukan untuk Indonesia yang bersih dan bebas sampah" ujar Ivan Hartanto, yang saat ini sedang mengangkat topik tentang masalah Persampahan di Kota Tangerang Selatan dalam penulisan skripsinya. Semoga ke depannya semakin banyak masyarakat Indonesia khususnya yang peduli akan kebersihan dan kesehatan lingkungan yang dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline