Lihat ke Halaman Asli

R.A. Vita Astuti

IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi

Sub Genre Baru "First Love"

Diperbarui: 26 Desember 2022   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster - Sumber: bangka.tribunnews.com

"First Love" (2022) ada sebuah serial drama Jepang atau J-drama yang dibintangi oleh Takeru Satoh. Saya menonton serial ini karena dia. Suka sama peran dia di film Rurouni Kenshin tapi dengan genre action dan war. Kali ini di serial ini dengan genre drama

Salah satu yang menarik perhatian saya juga judulnya. First Love adalah mitos. Banyak yang percaya dengan pengalaman jatuh cinta pertama kali dan memiliki cinta pertama yang tak lekang akan waktu. 

Serial ini juga cukup pendek, 9 episode. Setiap episodenya hampir satu jam. Yang pendek-pendek begini saya juga suka. Resolusinya cepat dan biasanya mateng cerita dan plotnya.

Ternyata alur cerita First Love tidak biasa. Sering flashback - hanya saja tidak ada perubahan tone warna. Yang membuat mudah diidentifikasi adalah peran aktornya ketika muda orangnya berbeda.

Takeru Satohh menjadi Harumichi dewasa. Hikari Mitsushima menjadi Yae dewasa. Ketika di masa SMA mereka bertemu dan masing-masing mengakui saling menjadi cinta pertama. Kejadian di perkuliahan memisahkan mereka.

Ini sub genre baru. Mungkin tidak baru, tapi saya mengusulkan sub genre ini semakin ke sini semakin kuat. Sub Genre Amnesia di bawah Genre Drama.

Jadi alur berubah ketika Yae kecelakaan yang mengakibatkan mengalami amnesia, kehilangan memori beberapa tahun terakhir. Termasuk memori tentang Harumichi tidak ada sama sekali.

Clean break diputuskan oleh ibu Yae, Harumichi harus meninggalkan Yae supaya tidak membingungkan cewek itu.

Alur amnesia juga muncul di K-drama "Boys Over Flowers" yang dibintangi oleh Lee Minho. Ada banyak sebenarnya serial atau film yang memakai amnesia sebagai salah satu plot. Namun yang berkesan bagi saya di serial Lee Minho itu karena sangat berpengaruh pada endingnya.

Psikolog mungkin punya teori tersendiri dengan amnesia ini. Serial-serial drama ini juga membentuk teori sendiri. Memori kembali karena terusik dengan musik atau shock therapy kejadian yang sama. 

Akibat amnesia tidak pernah bosan dibuat cerita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline