Lihat ke Halaman Asli

R.A. Vita Astuti

IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi

Pitching ala "Start-Up" (2020)

Diperbarui: 15 Januari 2021   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Start-Up" (2020), foto: media.vlpt.us

Walaupun saya tidak suka endingnya, patut diakui drama Korea (drakor) "Start-Up" ini memberi banyak pelajaran di bidang bisnis dan pemasaran. Selain itu drakor ini juga memberikan ilustrasi tentang kepemimpinan yang membuat drama ini mirip "Itaewon Class" (2020), masuk dalam tema pemilihan CEO atau hiruk pikik menjadi CEO.

Drama Korea ini juga mengingatkan saya waktu sekolah doktor di Monash University tahun 2010 tentang three-minute presentation. Bagaimana meyakinkan, menarik perhatian dan minat audiens dalam tiga menit dengan presentasi kita. Kalau waktu sekolah dulu yang dipresentasikan proposal riset kita.

"Start-Up" terdiri dari 16 episode dengan tokoh Seo Dal-mi (diperankan oleh Bae Suzy) dan Nam Do-san (Nam Joo-hyuk) serta favorit saya Han Ji-pyeong (Kin Seon-ho). Antagonisnya saudara perempuan Seo Dal-mi yaitu Seo In-jae (Kang Han-na). Mengisahkan tentang lika-liku memulai bisnis start up di lokasi mirip Silicon Valley, di Sandbox. 

Pitching atau presentasi yang menawarkan produk untuk mendapatkan investor menjadi pelajaran yang berharga bagi para penonton drakor ini. 

Dal-mi dan Do-san bergabung dalam Samsan Tech melawan In-jae dalam In Jae Company dalam Lomba Hackathon yang diselenggarakan oleh Sandbox. Dua startup berkualitas ini berlomba untuk menang dengan memberikan cara presentasi pitching terbaik.

Picthing ini muncul di episode 5 dan 11. Di episode 5, mereka presentasi untuk event Hackathon week untuk masuk ke lima besar. Samsan Tech dan In Jae Co berhasil masuk dalam lima besar. Di episode 11, presentasi dilakukan pada Demo Day, untuk mencari pemenang Hackathon yang akan membawa pulang 50 juta won. Samsan Tech menang di episode ini.

Selain keahlian di bidang AI (artificial intelligence - kecerdasan buatan) dan kebaruan produk, pitching menjadi salah satu peran penting yang membuat investor tertarik. Bagaimana pitching ini dilakukan oleh Samsan Tech dan In Jae Co? Saya akan membeberkan strategi presentasi dalam drakor "Start-Up" berdasarkan Coughter (2012) dan Croll (2013).

Dalam "Start Up", tiga menit sangat berarti. Di episode 5, CEO Dal-mi dan CEO In-jae hanya boleh presentasi selama tiga menit yang menentukan. Mereka harus berhasil menunjukkan kepada calon investor bahwa produk yang mereka ciptakan itu penting dan menguntungkan.

Menulis proposal riset atau skripsi selalu diawali dengan Latar Belakang Masalah. Ada masalah apa sehingga penelitian atau kegiatan ini perlu dilakukan. Sama dengan pitching produk. Ada solusi apa yang ditawarkan oleh produk ini.

1. Permasalahan di Episode 5

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline