Lihat ke Halaman Asli

Euthanasia dalam Perspektif Bioetika dan Islam

Diperbarui: 10 Juni 2023   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Isu-isu tentang akhir kehidupan (end of life) seringkali muncul dan menimbulkan pro kontra dari berbagai sudut pandang, salah satunya adalah isu terkait Euthanasia. Secara singkat Euthanasia adalah perbuatan disengaja yang dilakukan dengan tujuan akhir mengakhiri hidup seseorang/pasien atas dasar belas kasihan menghilangkan penderitaan.

Secara umum ada tiga istilah terkait proses kematian, yaitu Orthothanasia (kematian yang terjadi karena suatu proses alamiah), Dysthanasia (kematian yang terjadi secara tidak wajar), dan Euthanasia itu sendiri.

Euthanasia secara garis besar dibedakan menjadi dua, yaitu euthanasia pasif dan euthanasia aktif. Euthanasia aktif adalah tindakan yang secara sengaja dilakukan untuk mengakhiri kehidupan pasien, misalnya pemberian tablet sianida secara langsung. Sedangkan, euthanasia pasif adalah tindakan yang dengan sengaja tidak melanjutkan pemberian bantuan medis yang dapat memperpanjang hidup pasien, misalnya dengan tidak memberikan bantuan oksigen pada pasien penderita gangguan pernapasan.

Sebagai manusia biasa, memang sangat wajar memiliki perasaan ingin mengakhiri hidupnya dari penderitaan dan rasa sakit, yang bahkan penderitaan panjang ini bisa menyebabkan pasien ataupun keluarganya tidak mampu untuk menanggungnya baik secara moril maupun materiil. Oleh sebab itulah hal ini menjadi salah satu faktor penyebab keinginan tindakan euthanasia itu dilakukan.

Beauchamp and Childress (1994) mengemukakan bahwa untuk mencapai suatu keputusan etik diperlukan empat prinsip antara lain :

  • Prinsip otonomi, dalam hal ini seorang dokter harus menghormati hak dan martabat pasien
  • Prinsip beneficience, dalam hal ini seorang dokter harus senantiasa berbuat baik dan selalu berusaha secara maksimal dalam menangani pasiennya
  • Prinsip non-malficience, bahwa seorang dokter dilarang melakukan tindakan yang dapat memperburuk keadaan pasien
  • Prinsip justice, dimana seorang dokter harus memberikan perlakuan yang sama rata/adil terhadap pasiennya.

Dalam dunia medis, tuntutan etika, moral dan penerapan Hak Asasi Manusia (HAM) tidak bisa dipisahkan lagi dalam pelaksanaanya di lapangan. Tugas seorang dokter ialah untuk menolong/membantu semaksimal mungkin untuk pengobatan pasien, dari perspektif kesehatan inilah maka eutanasia masih menjadi hal yang kontra karena tidak sesuai dengan tugas utama seorang dokter

Dalam perspektif islam, euthanasia adalah perbuatan yang sangat tidak beretika dan dilarang karena melawan takdir Allah Swt, sebab hanya Allah lah yang berhak menghidupkan atau mematikan ciptaan-Nya. QS.Yunus ayat 56 yang artinya : "Dia-lah yang menghidupkan dan yang mematikan dan hanya keada-Nya lah kamu dikembalikan."

Al-Qur'an menjelaskan bahwa kematian adalah rahasia mutlak Allah Swt. Disebutkan dalam Q.S Al-Israa' ayat 85 yang artinya : Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit"

Dalam islam tidak ada istilah terkait mengakhiri penderitaan, dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 286 Allah Swt berfirman bahwa tidak akan membebani (memberikan ujian) kepada hamba-Nya melebihi batas kemampuan seorang hamba. Sebagai umat islam haruslah mampu menerima penderitaan yang dialami dengan pikiran terbuka bahwa hal tersebut termasuk ujian keimanan yang diberikan Allah Swt terhadap hamba-Nya.

Tidak seperti Belanda yang mana adalah Negara pertama yang melegalkan tindakan euthanasia, di Indonesia sendiri euthanasia merupakan hal yang dilarang untuk dilakukan karena berkaitan dengan penghilangan nyawa seseorang.

Di Indonesia Buku II dan III KUHP telah mengatur tentang tindak pidana. Mengenai euthanasia diatur dalam pasal 344 KUHP Bab XIX yang berbunyi : "Siapa yang merampas nyawa seseorang atas permintaan orang itu sendiri dan dinyatakan dengan kesungguhan hati diancam pidana penjara paling lama 12 tahun"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline