Lihat ke Halaman Asli

Cuaca Bagus, Karimun Jawa Siap Menyambut Liburan Tahun Baru

Diperbarui: 17 Agustus 2015   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1419665613251792870

[caption id="attachment_361924" align="aligncenter" width="300" caption="karimun jawa"][/caption]

Tidak terasa, saat ini kita hampir menjumpai ujung tahun 2014. Di bulan desember ini adalah bulan terakhir dan juga biasa disebut bulan liburan. Kenapa bisa begitu, dikarenakan di bulan desember biasanya warga masyarakat mendapat libur panjang di akhir tahun. Liburan Natal dan Tahun Baru adalah waktu yang banyak ditunggu masyarakat. Apalagi, saat ini anak-anak sekolah juga mendapat libur yang cukup panjang.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para traveller yang ingin menikmati suasana natal dan tahun baru di Kepulauan Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah. Di tempat ini biasanya wisatawan cukup jarang mendapat liburan natal dan tahun baru. Hal ini dikarenakan karimunjawa yang letaknya cukup jauh dari daratan pulau jawa. Cuaca sangat berpengaruh untuk tujuan pariwisata ke pulau ini. Para wisatawan harus berpikir dua kali untuk mengunjunginya, sebab di akhir bulan desember sering terjadi cuaca buruk yang mengakibatkan wisatawan terdampar atau tidak bisa berangkat.

[caption id="attachment_361933" align="aligncenter" width="450" caption="prakiraan tinggi gelombang karimunjawa"]

14196677941682915520

[/caption]

Situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau yang biasa disingkat BMKG, adalah acuan yang biasa digunakan para pelaku wisata karimun jawa. Dengan mengunjungi situs ini, Kita bisa melihat dan mengetahui prakiraan cuaca hingga 7 hari ke depan. Hal ini sangat penting mengingat tinggi gelombang akibat angin kencang bisa terjadi kapan saja. Dan akibatnya mengganggu penyeberangan dari dan ke pulau karimunjawa.

Sementara itu sampai saat ini, yaitu tanggal 27 desember hingga 2 januari, prakiraan tinggi gelombang di perairan karimunjawa masih standar, yakni berkisar antara 0,5 m hingga 1,25m. Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi para wisatawan dan para pelaku wisata karimunjawa. Bagaimana tidak, cuaca bagus adalah waktu yang tepat untuk liburan, dan jika wisatawan banyak berkunjung pelaku wisata juga akan meraup keuntungan.

Mungkin ini adalah "ganti" dari cuaca di tahun lalu. Cuaca pada akhir desember tahun 2013 memang kurang mendukung untuk berlibur di karimunjawa. Pada saat itu gelombang tinggi menerpa wilayah perairan karimunjawa cukup lama. Sehingga mengganggu pelayaran dan membuat para wisatawan harus rela membatalkan rencana liburannya. Sedangkan yang sudah terlanjur sampai di karimun jawa, mendapat "tambahan" waktu liburan dikarenakan tidak bisa kembali ke pulau jawa.

Perlu diketahui, saat ini memang cuaca di jepara umumnya dan karimunjawa khususnya masih sedikit "membantu" kegiatan pariwisata Karimun Jawa. Hujan yang biasanya intensitasnya cukup tinggi di bulan desember akhir, sampai saat ini masih jarang terjadi. Dalam seminggu ini saja, hujan hanya terjadi tiap malam atau sore saja. Itu juga tidak terlalu lebat, atau istilahnya hanya "hujan lewat". Padahal, kapal rute jepara ke karimunjawa dan sebaliknya, jadwalnya biasa di pagi dan siang hari. Sehingga hal ini tidak mempengaruhi pelayaran kapal pengangkut wisatawan. Semoga ramalan BMKG Jawa Tengah kali ini tidak meleset, dan cuaca memang benar bagus hingga awal januari. Sehingga wisatawan bisa melewati liburan natal dan berakhir tahun di pulau karimunjawa, amin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline