Lihat ke Halaman Asli

Utari ninghadiyati

Blogger, kompasianer, penggiat budaya

Hari Ini Dapat Empat Ribuan Langkah

Diperbarui: 2 Agustus 2024   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumlah langkah hari ini (dok. Pribadi)

Biasanya naik sepeda menuju tempat tugas, tetapi hari ini jalan kaki saja. Ternyata berhasil mencatat empat ribu langkah.

Di gawai ada aplikasi untuk mengukur jarak, kalori, dan waktu tempuh saat saya bergerak. Aplikasi ini sudah bawaan langsung dari gawainya, jadi saya tinggal pakai.

Hari ini, aplikasi mencatat kalau saya berhasil membukukan empat ribuan langkah. Jumlah sebanyak itu kalau dihitung dengan jarak sekitar 2 km. 

Jarak yang tidak terlalu dekat dan juga tidak jauh. Jalannya pun lurus tanpa tanjakan berarti. Meski terbilang nyaman, buat pejalan kaki termasuk menantang karena tidak ada trotoar untuk pejalan kaki. Saya harus melipir ke tepi jalan agar aman. 

Selama berjalan kaki, saya mencoba mengatur napas dengan baik. Semula pengaturan napas melalui hidung namun rasanya agak sesak. Jadilah napas menggunakan hidung dan mulut. Rasa sesak berangsur menghilang.

Keringat yang keluar terasa dingin waktu terkena angin. Otot-otot kaki pun terasa berdenyut karena pergerakan yang terus menerus. Olahraga sederhana ini benar-benar membuat saya gembira.

Memang langkah yang saya capai belum sampai delapan atau sepuluh ribu langkah, seperti yang dianjurkan, tetapi empat ribu langkah dapat menjadi awal untuk mencapai jumlah langkah yang lebih banyak. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline