Lihat ke Halaman Asli

Utari ninghadiyati

Blogger, kompasianer, penggiat budaya

Ada Kisaran di Museum Lambung Mangkurat

Diperbarui: 27 Desember 2023   18:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kisaran di Museum Lambung Mangkurat (dok. Pribadi)

Setiap dua bulan, Museum Lambung Mangkurat di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan akan mengganti koleksinya yang terdapat di ruang pamer temporer. Kali ini pamerannya bertema muatan lokal. Beragam barang koleksi ditata sangat menarik, namun koleksi di ujung ruangan menjadi magnet karena keunikan dan ukurannya cukup besar.

Ketika pameran berjudul "Muatan Lokal" itu dibuka, saya tidak bisa datang karena sedang bertugas ke luar kota. Ketika kembali dari perjalanan dinas, sederet agenda kerja sudah menunggu. Lagi-lagi saya belum bisa melihat pameran temporer di Museum Lambung Mangkurat.

Beruntung pameran tersebut digelar dalam jangka waktu 2 bulan sehingga masih ada kesempatan untuk menikmati koleksinya. Tanggal 20 Desember lalu akhirnya saya bisa melihat koleksi yang dipamerkan.

Pameran yang berlangsung di ruang pamer temporer itu dapat dikunjungi  oleh masyarakat selama jam kunjungan. Siang itu terlihat sejumlah rombongan anak sekolah memenuhi halaman Museum Lambung Mangkurat. Ada yang masih berbaris menunggu rombongan. Beberapa sudah bersiap bersama pemandu museum. Lainnya tengah duduk di depan ruang pamer utama. Saya sendiri langsung menuju ruang pamer temporer. Sepertinya di dalam tidak telalu ramai. Hanya beberapa anak yang berkeliling memerhatikan koleksi.

Sebagian besar benda koleksi teraimpan dalam kotak kaca dan kemari kaca. Ada manuskrip berbahasa arab gundul dan beberapa buku cetak dalam lemari kaca. Di depannya terlihat kotak kaca beriai peralatan rumah tangga. 

Bergerak ke sisi dalam tampak sebuah layangan berukuran besar. Ada juga dakon dan sejumlah permainan tradisional yang kerap dimainkan. Menarik sekali. Pelan-pelan saya berpindah dari satu kolekai ke koleksi lainnya.

Tiba di koleksi berukuran besar. Teelihat sebuah benda berwarna gelap ditaruh di atas lantai. Baru kali ini saya melihatnya. Dari informasi yang ditempel saya mengetahui kalau alat yang terbuat dari kayu gelondongan itu bernama kisaran. 

Benda ini cukup berat dan terlihat kokoh. Dengan seksama saya memerhatikan kisaran. Menurut perkiraan, kisaran terbuat dari kayu keras, mungkin terbuat dari kayu ulin karena berwarna hitam dan berat, saya mencoba mendorong bagian bawahnya. Tidak bergerak.

Kayu gelondongan itu memiliki tinggi sekitar 1 meter. Terbagi menjadi dua bagian, bagian atas yang lebih tinggi dari bagian bawah. Pada bagian yang memisahkan keduanya terdapat tataham menyerupai gerigi. Lalu pada bagian utama, bagian atas dibentuk cekung untuk menampung gabah. Nanti gabah akan turun ke bawah melalui lubang pada bagian tengah kayu. Ada sebilah kayu untuk membantu menekan gabah ke bawah.

Tepat di bagian kayu atau badan kisaran terlihat batang kayu menyembul ke arah kiri dan kanan. Saya rasa fungsinya untuk mendorong badan kisaran saat gabah dimasukkan. Dari informasi yang tertera disebutkan kalau kisaran di operasikan oleh dua orang. Mereka akan menggerakkan kisaran ke kanan dan ke kiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline