Lihat ke Halaman Asli

Utari ninghadiyati

Blogger, kompasianer, penggiat budaya

Sulada, Soto Banjar Tanpa Soun

Diperbarui: 17 Januari 2023   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sulada

Sesekali saya melirik jam di Hp. Sebentar lagi pukul 10.30 Wita, sementara acara temu manten belum usai. Pukul 12.00, saya sudah harus sampai di Kampung Pumpung untuk menghadiri acara maantar jujuran.

Dari Landasan Ulin butuh waktu 30 menit karena harus melewati kawasan perkantoran gubernuran, itu rute paling dekat. Sementara saya bukan tipe penggendara yang bisa memacu motor dengan kecepatan tinggi.

Mendekati pukul 11.00 acara pernikahan adat jawa ini mulai selesai. Bergegas menghampiri tuan rumah dan beberapa orang yang saya kenal untuk berpamitan. Lalu melaju menuju Kampung Pumpung. Semoga warga belum berkumpul, gumam saya dalam hati.

30 menit kemudian, saya tiba di depan rumah. Tikar dan terpal telah menutupi lantai bagian depan. Sementara bagian dalam tertutup oleh karpet.

Saya memarkir motor di halaman depan tetangga pemilik hajat, sesuai arahan Pak Ruslan, pemilik hajat. Lalu masuk ke dalam.

Sulada

Beberapa orang Ibu terlihat sibuk menyiapkan masakan. Dua orang memotong ketupat. Seorang ibu memarut timun. Lainnya menyiapkan piring dan alat untuk menyusun piring.

Saya tidak ikut membantu karena harus menanyakan beberapa hal seputar acara meantar jujuran. Sambil berbincang, jemari saya sibuk menari di atas layar ponsel. Mengisi bagian-bagian data, sesuai dengan jenis data yang saya input. Begitulah tugas harian yang saya kerjakan selama menjadi penggiat budaya. Pendataan hanya salah satu tugas dari 3 tugas utama.

Namun saya tidak mau membahas pekerjaan, melainkan masakan khas yang baru kali ini saya rasakan.

Melihat dandang besar di halaman samping, saya menduga soto banjar adalah hidangan yang akan dihidangkan. Ternyata salah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline