Mahasiswa prodi D4 Perpustakaan Digital, angkatan 2021, Universitas Negeri Malang, Offering KP Kelompok 3 yang beranggotakan 5 orang tim efektif yaitu Annisa Nurul Fathia, Atik Illahi Wahdini, Moch. Fitoni Hadi, Utari Inayatu Zahrah, dan Windi Syurma Aditia mengadakan kegiatan pengabdian Masyarakat di salah satu Panti Asuhan Malang. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan di Panti Asuhan Muhammadiyah Malang, Jl. Bareng Tenes 4a No.637, Bareng, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116 pada hari sabtu, 15 April 2023. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk membangun dan mengimplementasikan hasil pembelajaran perkuliahan secara langsung. Mata kuliah yang yang diimplementasikan yaitu "Literasi Informasi" yang diampu oleh ibu Inawati, S.IP., M.M.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 10 siswa dengan latar belakang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah memberikan penyuluhan atau sosialisasi materi terkait "pentingnya literasi informasi" dan "strategi penulusuran informasi menggunakan model literasi The Big Six". Penyuluhan ini bertujuan untuk menunjukkan pentingnya literasi informasi dan memberikan pengetahuan pada siswa Panti Asuhan Muhammadiyah Malang untuk dapat mencari informasi dengan benar.
Ada tiga tahapan yang kami lakukan dalam penyuluhan, yaitu: (1) pengumpulan data dengan observasi dan pengamatan langsung melalui tugas (pret-test); (2) pelaksanaan penyuluhan dengan proses pemberian materi melalui ceramah; (3) pengumpulan data dengan observasi dan pengamatan langsung melalui praktek penelusuran informasi menggunakan model literasi The Big Six (post-test). Peserta diberikan kuesioner pre-test (sebelum) penyuluhan dan kuesioner post-test (sesudah) penyuluhan, untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan pengabdian ini.
Tahapan pertama yang kami lakukan adalah memberikan tugas (pre-test) kepada siswa panti untuk belajar mengalisis informasi melalui media video dan menulis jawabannya di lembar kertas. Metode pemberian tugas menganalisis informasi melalui vidio (pre-test) digunakan untuk mengukur kesiapan dari siswa untuk mengikuti penyuluhan yang akan di terima. Pembelajaran dengan media Video merangsang siswa untuk belajar dua arah bukan hanya satu arah yaitu ceramah. Dengan metode pemberian vidio diharapkan siswa lebih aktif dalam sosialisasi juga membantu keberhasilan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil keseluruhan jawaban yang kami peroleh dari tahapan awal ini, banyak siswa yang belum paham mengidentifikasi sebuah permasalahan yang terdapat di dalam video.
Tahapan Kedua adalah hal yang utama dari tahap kegiatan, kegiatan ini adalah penyampaian materi terkait "Pentingnya Literasi Infromasi" dan "strategi penulusuran informasi menggunakan model The Big Six". Dalam kegiatan ini, ada beberapa hal yang dilakukan oleh penyuluh. Pertama, penyuluh memberikan materi literasi informasi dengan bantuan media: powerpoint. Kedua, penyuluh memberikan sesi tanya jawab dan diskusi. Dari hasil tanya jawab dan diskusi tersebut dilakukan evaluasi kegiatan, apakah peserta kegiatan meningkat pemahamannya atau tidak. Dari hasil pengamatan, kami menyimpulkan bahwa siswa dapat berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang kami berikan. Hal ini menandakan siswa memahami informasi yang disampaikan dan tingkat literasi informasinya sudah cukup baik.
Tahapan ketiga yaitu tahapan terakhir, kami melakukan kegiatan evaluasi (post-test) dengan praktek penelusuran menggunakan model literasi The Big Six menggunakan fasilitas media komputer yang ada di Panti Asuhan tersebut. Siswa mengikuti arahan sesuai yang kami berikan. Strategi ini dimulai dari mengidentifikasi kebutuhan informasi dan menentukan sumber-sumber, mengalokasikan sumber dan mengakses informasi, menentukan bagian informasi yang akan digunakan, mengorganisasikan informasi, mempresentasikan informasi, dan mengevaluasi informasi yang diperoleh untuk dapat digunakan secara etis dan legal. Dari hasil pengamatan tahapan akhir (post-test) ini, siswa banyak yang sudah paham terhadap penyampaian materi yang kami berikan dan mereka bisa mengikuti arahan yang sesuai.
Berdasarkan penjelasan tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan dengan menekankan gerakan literasi menjadi bagian yang sangat penting dalam upaya membantu siswa mengembangkan kompetensinya. Dapat dilihat dari aktivitas siswa pada awal ujian (pre-test) mereka belum menguasai terkait tugas yang kami berikan. Kemudian pada tes berikutnya saat post-test kamu menemukan bahwa siswa sudah mulai memahami terkait materi. Dengan demikian, kesadaran akan pentingnya literasi informasi sangat penting untuk dibangun dan memotivasi untuk terus berusaha belajar mengambil informasi dan menciptakan pengetahuan baru.
Tidak hanya itu, kami juga membuat Kegiatan peduli perpustakaan yang kami lakukan dengan cara membersihkan perpustakaan dan merapikan koleksi bahan pustaka sesuai dengan kategori jenis koleksinya, dikarenakan sebelumnya kami melihat bahwa koleksi pustaka yang ada di perpustakaan Panti Asuhan Muhammadiyah masih tidak beraturan jenis penempatan koleksi pustakanya. Kami juga membuat kegiatan literasi yang menyenangkan untuk siswa yaitu pembuatan kreasi mading, guna meningkatkan kreativitas siswa dan kemudian hasil kreasi mading tersebut akan di pajang di perpustakaan mereka. Dengan kerapian, kebersihan dan keindahan perpustakaan akan membuat siswa lebih tertarik untuk ber-literasi di perpustakaan.
Dalam penutupan kegiatan pengabdian masyarakat yang kami lakukan. Kami memberikan seluruh siswa berupa hadiah penghargaan sebagai uacapan terimakasih atas antusias mereka dalam kegiatan yang kami laksanakan. Tak lupa juga kami ucapkan Terimakasih kepada pengasuh Panti Asuhan Muhammadiyah Malang yang telah memberikan kesempatan keberlangsungnya kegiatan pengabdian masyarakat ini. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa membantu mengatasi permasalahan literasi yang ada di panti Asuhan Muhammadiyah Malang. Selain itu serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang kami lakukan juga bisa dilihat kembali melalui kanal YouTube dibawah ini:
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H