Lihat ke Halaman Asli

Sukseskan Program Desa Cerdas, Mahasiswa KKN 126 Smart Village UNS Ciptakan Website Desa

Diperbarui: 6 September 2022   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

BOYOLALI -- Kamis, 25 Agustus 2022 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 126 Smart Village Universitas Sebelas Maret (UNS) yang bertempat di Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali melaksanakan sosialisasi dan penyerahan website desa yang merangkum sebagai rangkaian penutup kegiatan KKN tersebut. Desa Butuh sendiri merupakan salah satu desa penerima program Desa Cerdas dari Kemendesa sejak tahun 2021.

Sosialisasi yang dilakukan di Gedung Serbaguna Desa Butuh ini dilaksanakan oleh pemerintah desa bekerjasama dengan kelompok KKN 126 Smart Village UNS sebagai tindak lanjut dari pembuatan website desa yang merupakan salah satu program kerja utama dari KKN 126 Smart Village UNS yang berkolaborasi dengan program Desa Cerdas yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dalam pembangunan Desa Cerdas sendiri, terdapat empat pilar yang menjadi pegangan, empat pilar tersebut adalah Smart People, Smart Governance, Smart Economy dan Smart Living. 

Smart People yaitu menjadi tempat dan sumber informasi tentang ilmu pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat. Smart Governance, yaitu bermanfaat bagi pemerintah desa dalam penerapan e-governance, pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. 

Smart Economy, yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan ekonomi yang produktif untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa,   dan yang terakhir yaitu Smart Living, yaitu menginisiasi warga desa dalam menciptakan lingkungan yang sehat, asri dan bersih.

Dalam pelaksanaannya, Desa Butuh sudah mampu menerapkan semua pilar Desa Cerdas akan tetapi karena suatu hal, penerapan Smart Governance terhambat dan diperlukan pembuatan website desa yang baru. 

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh seluruh perangkat desa dan tujuhbelas ketua RT di Desa Butuh guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya website tersebut dan dampak baik yang akan dirasakan oleh seluruh warga masyarakat saat website tersebut dimaksimalkan penggunaannya sehingga teknologi internet di Desa Butuh dapat dimaksimalkan.

"Dahulu kami sudah memiliki website tetapi memang belum maksimal sehingga terbengkalai dan terlupakan," ujar Rabono Wahyu Darmawan selaku Kaur Keuangan Desa Butuh yang dahulu mendapat mandat mengelola website, Selasa (23/8/2022).

Dokpri

Masyarakat dunia sekarang mampu mengakses website resmi Desa Butuh dengan alamat http://pemdesbutuh.id/ dari komputer maupun handphone masing-masing. 

Dalam bernada website tersebut terdapat informasi profil Desa Butuh, Perdes, Layanan Administrasi seperti keperluan surat-menyurat yang dibutuhkan warga Desa Butuh, update berita terbaru mengenai kegiatan Desa Butuh dan juga data UMKM Desa Butuh yang memungkinkan eksposure gratis dan dapat diakses keberadaannya oleh masyarakat se Indonesia maupun seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline