Lihat ke Halaman Asli

Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 (PMM 4) di Universitas Mahasaraswati Denpasar

Diperbarui: 13 Februari 2024   06:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: Team Dosen Modul Nusantara Unmas 2024

Universitas Mahasaraswati Denpasar merupakan salah satu perguruan tinggi swasta Bali, berada di lingkungan Kopertis Wilayah VIII dibawah pengelolaan Yayasan Perguran Rakyat Saraswati Denpasar, beralamat di Jln Kamboja No. 11 A Dangin  Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, pada tahun 2024 ini Kembali terpilih untuk menjadi  Perguruan Tinggi Penerima PMM 4.

Pada hari senin tanggal 12 Februari 2024 dilaksanakannya acara penyambutan dan pembekalan Mahasiswa PMM 4 Inbound Unmas Denpasar,  bertempat di Auditorium PR. Saraswati Pusat Denpasar yang dihadiri Bapak Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd  selaku Rektor Unmas  Denpasar beserta jajaran pejabat lainnya, dihadiri pula oleh Dosen Modul Nusantara, dan LO,  serta yang paling penting oleh 91 orang mahasiswa PMM 4 dari berbagai Universitas.

PMM 4 merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester yang dilakukan pada semester genap  tahun 2024, dimana mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman ucap Bapak I Made Perdana Skolastika, S.S.,M.Pd selaku Kepala UPT. Pengembangan Kurikulum dan Kampus Merdeka Unmas Denpasar.

Dalam kesempatan ini, Rektor Unmas Denpasar, Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd. menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang terpilh dalam program PMM 4 ini, serta menyampaikan pesan kepada mahasiswa bagaimana untuk mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya Nusantara, dapat berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah, serta mahasiswa juga dapat berkesempatan belajar di kampus lain di Indonesi sehingga program PMM 4 ini harus dilakukan dengan baik.

Sambutan juga dilakukan oleh kepala suku yang terpilih dan ditunjuk berdasarkan kesepakatan bersama yaitu  mahasiswa Bernama Ramadha Subhani Aden dari Universitas Lambung Mangkurat, prodi Agribisnis mengatakan bahwa total dari keseluruhan mahasiswa untuk PMM 4 ini telah menyentuh angka sekitar 50.000 orang dengan 15.505 kuota mahasiswa, serta yang tak kalah penting adalah, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ini dibiayai oleh Kemendikbudristek.  

Selesai kegiatan penyambutan mahasiswa PMM 4, mereka melakukan bernyanyi bersama diiringi oleh UKM Ganesa Voice Unmas yang ikut memeriahkan kegiatan hari ini.

Setalah para pejabat dan undangan meninggalkan ruangan, maka kegiatan pun berlanjut dengan adanya pembekalan untuk mahasiswa PMM 4 dan dilakukannya Refleksi sebagai salah satu bentuk proses pembelajaran modul Nusantara yang tujuannya adalah melakukan kegiatan dalam proses belajar mengajar dalam bentuk penilaian tertulis dan lisan oleh dosen untuk mahasiswa  dan oleh peserta didik untuk dosen yang mengekspresikan kesan konstruktif, pesan, harapan, serta kritik terhadap proses pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline