Lihat ke Halaman Asli

Teori lev Vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 17 Januari 2025   18:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

   Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh penting dalam psikologi perkembangan, namun keduanya memiliki pandangan yang berbeda mengenai perkembangan sosial dan kognitif.

1. Jean Piaget:
Piaget berfokus pada perkembangan kognitif individu dan bagaimana anak-anak membangun pemahaman tentang dunia melalui interaksi dengan lingkungan mereka. Menurut Piaget, perkembangan kognitif mengikuti urutan yang tetap dan dipengaruhi oleh proses internal seperti skema (kerangka pengetahuan) dan operasi kognitif.

Teori Perkembangan Kognitif Piaget:

     Piaget membagi perkembangan    kognitif menjadi empat tahap utama:

1.Sensori-Motor (0-2 tahun): Anak-anak belajar melalui penginderaan dan gerakan.

2.Pra-Operasional (2-7 tahun): Anak-anak mulai menggunakan simbol dan bahasa, meskipun berpikir mereka masih sangat egosentris.

3.Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak-anak mengembangkan kemampuan berpikir logis mengenai objek yang nyata dan dapat memecahkan masalah konkret.

4.Operasional Formal (12 tahun ke atas): Anak-anak mulai berpikir abstrak dan hipotetis.
 
    Meskipun Piaget lebih fokus pada aspek kognitif, ia juga mengakui bahwa interaksi sosial dapat memengaruhi perkembangan kognitif, terutama dalam tahap-tahap tertentu.

2. Lev Vygotsky:
Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif. Menurutnya, anak-anak belajar tidak hanya melalui eksplorasi individu, tetapi juga melalui komunikasi dan kolaborasi dengan orang dewasa atau teman sebaya. Konsep penting dalam teori Vygotsky adalah Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), yang menggambarkan jarak antara kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas secara mandiri dan kemampuan mereka jika dibantu oleh orang yang lebih terampil.

Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky:

1.Vygotsky berpendapat bahwa bahasa adalah alat utama dalam perkembangan kognitif, karena memungkinkan anak untuk berpikir secara lebih terstruktur dan untuk menginternalisasi pengetahuan sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline