Lihat ke Halaman Asli

Masjid Raya At - Taqwa: Sebuah Tempat Ibadah Bersejarah di Tepi Alun - Alun Kejaksaan Cirebon

Diperbarui: 3 April 2024   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kompas.com. 

Dibulan ramadan ini kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bulan ramadan ini bulan yang sungguh dinanti-nanti oleh seluruh umat islam. Selain melaksanakan puasa kita juga di sunahkan untuk melaksanakan solat taraweh. Biasanya kita melaksanakan taraweh di masjid atau di mushola.

Tau gak sih ada satu masjid yang sangat terkenal di cirebon? Dimana masjid itu berada persis tepat di samping Alun-Alun Kejaksan. Masjid itu  sangat ramai di kunjungi oleh orang dalam cirebon atau orang luar cirebon. Mau tahu nama masjid itu apa? Yuk simak informasi artikel ini...

Masjid At - Taqwa didirikan pada tahun 1918 dan didirikan oleh R. Adipati Salmon Salam Suryadiningrat. Nama asli masjid ini adalah Tajug Agung. Nama Tajug Agung sebelum berganti nama menjadi Masjid At - Taqwa mempunyai arti tersendiri. Badar mengatakan bahwa Tajug berasal dari bahasa Cirebon 'ta' yang berarti menata dan 'jug' yang berarti didatangi. Dengan kata lain, masjid adalah tempat yang didatangi untuk menata hati.
 
Masjid At-Taqwa telah mengalami beberapa kali renovasi. Arsitektur pembangunan masjid At - Taqwa berlangsung pada tahun 1918. Renovasi pertama dilakukan pada tahun 1951, renovasi kedua dilakukan pada tahun 1963 dimana penggunaan atap beton dan momolo alumunium. Kurang lebih satu tahun kemudian, pada tahun 1964 dilakukan renovasi ketiga mengubah atap dan momolo menjadi genting dan terakhir pada tahun 2005.

Berkapasitas 5.500 jamaah. Masjid At - Taqwa memiliki lokasi yang strategis yaitu di pusat kota Cirebon beralamat lengkap di Jl. R.A. Kartini No. 2 Kota Cirebon, Indonesia. Masjid Raya At Taqwa menjadi salah satu masjid tertua di Kota Cirebon.

Karena letaknya yang strategis ini, Masjid At - Taqwa berada dekat dengan beberapa objek wisata yang pertama ada keraton kanoman yang berjarak 2,4 KM dan yang kedua Goa Sunyaragi yang berjarak 6,3 KM.

Sampai saat ini,Masjid At-Taqwa dimiliki oleh Pemerintah Kota Cirebon dan Pendopo dimiliki Pemerintah Kabupaten Cirebon. Hal tersebut dikarenakan terjadinya pengembangan wilayah kotalraja. Dengan pemerintah pusat harus berbentuk kota. Sehingga, Masjid At-Taqwa dimiliki oleh Pemerintah Kota Cirebon.

Source: radarcirebon, repository syekhnurjati, kompas tv.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline