Lihat ke Halaman Asli

Menjaga Stamina Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 11 Agustus 2021   23:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk dijaga supaya daya tahan tubuh selalu optimal, terlebih untuk menghadapi pandemi Covid-19 pada saat ini. Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu pelindung menghadapi virus corona Covid-19. Dengan adanya olahraga teratur menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh. 

Pada prinsipnya ada dua jenis olahraga yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu, neural exercise atau olahraga persarafan untuk menjaga kesehatan sedangkan physical exercise atau olahraga fisik untuk menjaga kebugaran.

Olahraga tersebut bisa dilakukan di rumah. Olahraga persarafan dapat diwujudkan dengan berolahraga pernapasan yang dilakukan dengan senam pernapasan seperti senam yoga, senam aerobik, dan jalan kaki. 

Olahraga pernapasan dapat dilakukan setiap saat, kapan saja, dan dimana saja. Dengan melakukan olahraga pernapasan secara rutin dapat menjadikan tubuh sehat dan juga bisa meminimalisir stress.

Sementara untuk olahraga fisik dapat menjadikan badan tetap menjadi bugar saat menjalankan aktivitas sehari-sehari. Olahraga fisik juga dapat dilakukan selama 3-5 kali per minggu, intensitas sedang, dan durasi selama 30-45 menit. Sedangkan jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, senam, dan berenang. 

Sebelum memulainya pasti didahului dengan pemanasan dan diakhiri pendinginan. Selain itu tidak kalah penting juga untuk menjaga hidrasi supaya selalu tercukupi cukup maka dari itu minum 30 menit sebelum berolahraga dan setelahnya guna mengganti jumlah cairan yang keluar lewat dari keringat. Jika ingin berolahraga di luar ruangan saat pandemi pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit dan tetap menjaga jarak, juga tetap menggunakan masker ketika berolahraga supaya aman.

Adanya aktifitas fisik dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus Covid-19. Orang yang rutin berolahraga biasanya lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga, karena kinerja sel darah putih akan terangsan. Sel darah putih ini dapat berfungsi sebagai antibody untuk melawan berbagai jenis kuman yang masuk kedalam tubuh kita. 

Dengan adanya berolahraga dapat membantu mengeluarkan bakteri-bakteri yang ada didalam tubuh mulai dari paru-paru yang memungkinkan tubuh terkena akibat gejala flu dan penyakit lainnya.

Ketika olahraga suhu tubuh juga mengalami peningkatan.

Adanya hal ini dapat menghambat bakteri yang berkembang dalam tubuh dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga membantu tubuh melawan infeksi, selain itu juga dapat mengurangi hormon stress di tubuh. 

Adapun beberapa tips agar supaya tetap semangat berolahraga saat pandemi dan tetap aman: lakukan aktivitas fisik sedang selama 20-45 menit dan laksanakan 3 kali seminggu, makan dan tidur cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan tetap optimis dimasa pandemi covid-19 akan berlalu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline