Lihat ke Halaman Asli

Strategi Penulisan Karya Ilmiah yang Efektif untuk Mahasiswa

Diperbarui: 24 Desember 2023   20:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bagi Insan Akademis (Mahasiswa), keterampilan menulis sangat diperlukan dalam menambah skill baik untuk penulisan opini, artikel dan terpenting tugas akhir bagi mahasiswa, sebab membuktikan bahwa mahasiswa tersebut mampu menjadi agen of change (perubahan), melatih critical thinking (Kemampuan berpikir kritis), proses mengkomunikasikan ide maupun gagasan, sistematis dan personal branding bagi mahasiwa.

Menulis Karya tulis ilmiah merupakan hal yang sering dijumpai oleh mahasiswa. Menulis sebuah karya ilmiah yang berkualitas sebenarnya merupakan pekerjaan yang cukup sulit. Banyak orang yang merasa bingung dan kesulitan mendesainnya dengan benar. Oleh karena itu, agar Anda lebih memahami strategi penulisan karya tulis ilmiah, berikut beberapa startegi yang bisa Anda ikuti saat menulis karya ilmiah.

  • Memilih topik yang menarik

Pemilihan topik yang menarik dan relevan  memberikan motivasi tambahan dalam menulis karya ilmiah. Temukan topik yang sesuai dengan minat Anda dan  memiliki dampak  signifikan di bidang  Anda.

Topik karya ilmiah merupakan topik pokok pembahasan yang muncul dalam karya ilmiah. Oleh sebabi itu, Topiknya harus mampu mencakup keseluruhan isi tulisan dan menjawab pertanyaan tentang topik yang  ada dalam pembahasan. Topiknya bersifat umum dan tidak akan dijelaskan secara detail. Penulis harus terlebih dahulu memikirkan pokok bahasannya, setelah itu barulah pokok bahasan dan judulnya dapat dikembangkan. Memilih topik tulis karya ilmiah yang tepat merupakan langkah penting dalam menulis karya tulis ilmiah. Penulis merekomendasikan cara pemilihan topik karya ilmiah yang bagus,

  • silakan kenali passion dan ketertarikan anda karena itu menentukan topik yang Anda sukai, sehingga dalam melakukan penelitian Anda bisa lebih menguasai dan menikmati proses penelitian Anda.
  • Membaca sebanyak-banyaknya referensi artikel dan berita terkini, Dengan banyak membaca berita atau artikel, Anda dapat mengetahui isu-isu terkini sehingga isu-isu tersebut dapat dijadikan latar belakang penelitian Anda.
  • Lakukan studi pendahaluan, Anda dapat mengamati objek penelitian atau melakukan wawancara. Gunakan aktivitas ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik yang ingin Anda teliti.
  • Sesuaikan dengan bidang yang anda tekuni atau bagi mahasiswa sesuai dengan jurusan yang diambil, Pilihlah topik yang sesuai dengan bidang  Anda  sehingga penelitian yang Anda lakukan akan lebih tepat dan komprehensif.
  • Pilih topik yang menarik dan bermanfaat, Pilihlah topik yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat luas agar hasil penelitian dapat memberikan kontribusi  positif bagi masyarakat.
  • Membuat kerangka penelitian dengan jelas

Sebelum Anda menulis, buatlah kerangka penelitian yang jelas. Identifikasi tujuan penelitian, pertanyaan penelitian dan metode yang akan digunakan. Ini akan membantu Anda fokus dan mengatur proses menulis Anda.

Karena Kerangka penelitian adalah konsep  penelitian relasional. Dimana uraian suatu variabel dan variabel lainnya dapat dipadukan secara detail dan juga sistematis. Selain itu, kerangka penelitian harus dibuat dan dilaksanakan agar penelitian  lebih mudah dipahami.

Hal ini dikarenakan nantinya  laporan penelitian harus disajikan secara konsisten dan juga selaras, oleh karena itu diperlukan kerangka penelitian dalam proses produksinya. sebelum memulai tahap penelitian, harus ditetapkan kerangka penelitian terlebih dahulu.

Kerangka penelitian berfungsi agar persiapan penelitian lebih matang. Selain itu,  kerangka penelitian dapat dirancang sedemikian rupa sehingga pengetahuan dan  kedalaman yang terkandung dalam penelitian tetap  terjaga dengan baik. Ini menjadi suatu hal yang penting dalam melakukan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa.

  • Lakukan riset yang komperhensif

Sebelum melakukan kegiatan menulis, teliti dulu topiknya secara menyeluruh. Membaca literatur yang relevan, meneliti temuan terkini dan mengumpulkan informasi yang relevan. Semakin dalam  Anda mengetahui topik tersebut, semakin baik Anda mampu menulis karya ilmiah yang menginspirasi. Dengan begitu anda tidak akan keliru dalam menulis karna sudah melakukan riset dengan jelas.

  • Buat outline terperinci

Sebelum Anda mulai menulis secara lengkap, siapkan kerangka secara rinci yang mencakup semua bagian penting dari karya ilmiah yang mau anda tulis. Ini akan membantu Anda mengatur ide-ide Anda dengan baik dan memastikan  argumen Anda terstruktur dengan baik.

Membuat outline yang terperinci adalah langkah pertama yang penting dalam proses penulisan yang membantu Anda mengatur ide dan informasi dengan lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline