Lihat ke Halaman Asli

Uswah Wadichah

Penulis adalah seorang mahasiswi tingkat akhir. selain sibuk sebagai mahasiswi pendidikan biologi, penulis juga merupakan santri.

Lima Hal yang Harus Diwaspadai Saat #Dirumahaja

Diperbarui: 23 April 2020   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang luar biasa terhadap kehidupan manusia. Bak efek domino, dampak tersebut mewabah ke semua lini sektor kehidupan. Termasuk pula, gaya hidup mulai dari bagaimana kita bekerja, belajar, berbelanja dan sebagainya. Guna memutus mata rantai penularan virus Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan "maklumat" untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah.

Melakukan semua pekerjaan dari rumah merupakan tindakan preventif paling tepat yang bisa kita lakukan saat ini dalam menghadapi wabah virus Covid-19. Namun tanpa sadar aktivitas yang dilakukan #dirumahaja ini, memiliki berbagai dampak yang  harus kita waspadai sejak dini. Lalu, apa saja yang harus kita waspadai saat #dirumahaja?, simaklah uraian berikut:

1. Kesehatan mata.

Berapa lama kita menatap Hp atau laptop dalam 24 jam?.Tentu durasinya akan lebih lama daripada ketika aktivitas normal. Semua harus dilakukan dari rumah termasuk pula social from home. Segala aktivitas sosial seperti bertukar kabar, diskusi dan lainnya harus dilakukan melalui media daring.

Semakin banyak durasi kita dalam menatap layar Hp dan laptop, maka akan semakin lama pula mata kita bekerja maksimal. Hal ini perlu diwaspadai sejak dini karena paparan cahaya dari hp dan laptop yang terlalu lama, tidaklah baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, sesekali kita harus mengistirahatkan mata kita dengan meregangkan otot mata. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak terus menerus memandangi layar hp atau laptop.

Posisi saat mengetik juga mempengaruhi kesehatan mata kita. Mengetik sambil rebahan adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. Ketika mengetik atau bermain gadget usahakan mata dan layar kita sejajar dan dnengan jarak pandang yang cukup. Mengonsumi makanan yang banyak mengandung betakaroten juga sangat dianjurkan guna menjaga mata agar tetap sehat.

2. Ngemil

Mengapa ngemil?

Segala aktivitas yang biasa kita lakukan diluar kini harus "dipaksa" untuk dilakukan #dirumahaja. Tanpa sadar, pola konsumsi kita selama di rumah aja akan meningkat.  Bekerja dan belajar dari rumah tersebut seringkali menbuat kita kelaparan. Bedanya, ketika diluar rumah kita harus berusaha untuk keluar membeli makanan yang kita inginkan atau membelinya lewat aplikasi online. Sedangkan, ketika dirumah, selama persediaan masih ada kita akan terus bolak-balik membuka pintu kulkas untuk mengambil camilan. Walhasil, bagi sebagian besar orang, camilan wajib hukumnya berada disamping mereka saat WFH.

Selain itu, terkadang kegabutan yang muncul, membuat sebagian dari kita bingung ingin melakukan apa, dan pada akhirnya coba-coba resep menjadi salah satu pilihan yang banyak digandrungi. Jika tidak percaya, coba saja kita lihat berapa banyak teman-teman kita memosting hasil masakannya dimedia social hari ini?.

Yang perlu diwaspadai dari pola konsumsi kita selama #dirumahaja adalah bertambahnya berat badan karena banyaknya asupan kalori yang masuk tanpa diubah menjadi energi dan tertimbun begitu saja menjadi lemak. Ngemil adalah alasan utama yang menyumbang banyak kalori tubuh dan tentunya dapat menambah berat badan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline