“Dan mereka berkata: "Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) wadd, dan jangan pula suwwa´, yaghuts, ya´uq dan nasr". (Q.S. Hud/71: 23)
Modus penjerumusan manusia melalui musik dan tarian sudah mampu terpatahkan oleh gerakan Nabi Idris. Iblis laknatullah harus mencari modus baru untuk kembali menenggelamkan manusia dalam kesesatan. Tentunya harus berbeda dengan modus sebelumnya.
Mencermati isi ajaran tauhidullah yang tidak membedakan seseorang, Iblis pun menemukan ide untuk membuat perbedaan dalam status sosial masyarakat. Lalu Iblis membisikkan idealisme ini kepada shudur (dada) para bangsawan (sebagai pihak yang dianggap memiliki status sosial yang tinggi). Mereka pun terkelabui.
Lalu para bangsawan mendatangi Nabi Nuh. Mereka menyampaikan bahwa ajaran Allah yang mulia harus digulirkan oleh orang-orang mulia pula. Maka mereka menawarkan diri untuk menjadi bagian aparatur Nabi Nuh dan memintanya supaya meninggalkan orang beriman sebelumnya (yang notabene disokong oleh orang-orang golongan mustad’afien atau kaum lemah).
Nabi Nuh menolak. Beliau mengatakan bahwa tidak boleh ada perkara yang dilakukan di luar kewenangannya. Kewajiban beliau hanyalah menyampaikan wahyu Allah sesuai petunjuk-Nya dan tidak boleh mengada-ada.
Para bangsawan tidak senang dengan perlakuan ini. Mereka terus mencoba menyampaikan argumennya. Namun Nabi Nuh tetap kuat memegang teguh petunjuk yang telah sampaikan kepadanya. Semakin kuat mereka mendesak, semakin kuat pula Nabi Nuh mempertahankannya
Para bangsawan sadar bahwa Nabi Nuh tidak bisa diajak kompromi. Mereka lalu bersepakat untuk membuat makar. Mereka berpikiran bahwa satu-satunya jalan adalah mencari tandingan yang bisa mengalihkan masyarakat dari Nabi Nuh. Mereka berpikir keras dan akhirnya menemukan jalan keluar.
Maka diputuskanlah bahwa akan ada ajaran yang dipopulerkan di masyarakat yang diambil dari para tokoh Soleh pada zaman sebelumnya. Terpilihlah lima tokoh soleh yaitu:1) Wadd (yang populer di daerah Dimât al-Jandal), 2) Suwâ (di daerah Yanbû, sekitar Madinah), 3) Yaghūts (di daerah Saba), 4) Ya`ûq (di daerah Khaywan yang berjarak 2 malam perjalanan menuju Mekkah), dan 5) Nasr di daerah Balkha yang ada di Yaman).
Karena besarnya pengaruh para bangsawan di masyarakat, kelima ajaran ini menjadi sangat populer. Apresiasi masyarakat terhadap ajaran ini merebak dengan cepat. Akibatnya, setiap Nabi Nuh datang dan menyampaikan wahyu, masyarakat selalu menyanggahnya dengan mendasarkan kepada ajaran yang mereka dapat dari kelima tokoh itu.
Semakin hari, masyarakat Nabi Nuh semakin menjauh. Mereka tidak segan meletakkan jari di telinganya karena enggan mendengar perkataan Nabi Nuh. Mereka katakan bahwa ajaran Nabi Nuh tidak ada apa-apanya dibandingkan ajaran kelima tokoh itu. Mereka merasa bangga dengan ajaran ini.
Mereka lalu mengekspresikan ajarannya ke dalam simbol. Maka dibuatlah 3 simbol yang dijadikan media pengabdian mereka yaitu: 1) Ansab, yaitu batu yang digunakan saat pengorbanan, 2) Awsan, yaitu batu pengganti berhala yang harus dibawa kemanapun saat bepergian, dan 3) Asnam, yaitu patung besar yang dibentuk menyerupai kelima tokoh itu. Asnam inilah yang mereka simbolkan sebagai berhala sebenarnya.